Jul 21, 2023

Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb

Selamat datang di dunia cb: 

Halo bro.. kali ini saya akan membahas bagaimana ketar ketir dalam membangun atau merombah motor cb dan memproses mulai dari nol hingga bisa menjadi apa yang di inginkan.

Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb

Nah ini pasti akan menjadi tantangan tersendiri bagi pecinta otomotif dalam hal ini adalah khusus motor cb,

 Dan bagaimana kaluh kesah kesahnya para dulur-dulur pecinta cb m?

Ada kategori spesifikasi mesin dan bentuk yang mereka lakukan untuk mencapai apa yang di inginkan, dan tentunya yang di harapkan adalah kesuksesan dalam menjalani proses hingga  di finis kepuasan.

Istilah memodifikasi motor cb atau motor yang berbentuk cb , ini sama-sama butuh pengorbanan baik itu waktu , keuangan, dan kesabaran ,
Oleh karena itulah hanya mereka-mereka yang bisa merasakan sensasi kenikmatan dari kesuksesan yang ia miliki sekarang, 

Dan itu tidak mudah  untuk di jalani, dan kepuasan ini tidak bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki motor atau yang berbody cb dari hasil pembelian yang sudah jadi,

Rasa kepuasan itu akan dimiliki oleh mereka yang mereka yang memulai dengan hasil membangun sendiri dari nol, 

Perlu diketahui membangun cb dari nol ini memang berat tidak hanya motor yang notabene asli cb, namun motor yang awalnya bukan cb 

Karena tidak semua bisa mendapatkan motor  tua yang asli cb , maka dari itulah banyak dulur-dulur pecinta motor cb namun tidak memiliki motor cb , alhasil apa yang mereka miliki (motor non cb) di rombak total hingga menjadi motor berbentuk seperti cb, 

Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb
Dan itu perlu di hargai karena kecintaannya  terhadap motor cb hingga mereka rela memotong dan merombak total agar bisa menjadi apa yang mereka harapkan (bentuk cb ) 

Hal yang perlu diperhatikan dalam memutuskan tujuan tersebut, ada hal yang harus diperhatikan disini jika kita ingin seperti di atas, ialah kamu harus tentukan tujuan dan konsepnya nanti seperti apa dan arahnya seperti apa,

Agar kita terhindar dari hal-hal yang dirasa kurang pas dengan keinginan kita, maka dari itu kamu harus tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal nantinya.

Selanjutnya mempersiapkan mental 
Terutama waktu harus di persiapkan , karena prosesnya tidak sebentar dan itu akan membutuhkan waktu yang lama, jika iny membangun mulai dari nol.

 Apalagi kalau  sebelumnya bukan motor cb atau memang basic nya sudah cb , dan untuk di bikin konsep lain, akan bertambah waktu yang akan di kerjakan.




Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb


  Nah sekali lagi Menurut teman-teman pecinta CB ternyata membangun cb tak semudah yang kita bayangkan dulur.., itu akan membutuhkan pengorbana baik waktunya yang lama,dan butuh dana yang tidak sedikit, untuk mewujudkan impian ini luurrr,,

merombak tampilan motor cb

merombak tampilan motor cb



merombak tampilan motor cb
Cb basic GL Neo tegh 97

Membagikan beberapa penpakan motor cb maupun berbentuk cb di sekitar kita, dari yang murni cb Hingga proses memodifikasi dari sebeum hingga menjadi Berbentuk cb,
Berkorban untuk mencintai hobi memang tak ada batasnya ,
Sekali lagi Bagi yang sudah belum merasakan bagaimana proses perombakan motor cb dari nol , tentu ini butuh persiapan yang matang-matang ,

Karena itu tadi bukan saja bajed yang harus disiapkan namun juga butuh pengorbanan waktu yang tidak sebentar untuk menjadi apa yang di inginkan .

merombak tampilan motor cb

Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb
Basic GL pro series 95


Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb
Keluh kesah membangun dan merubah tampilan motor cb


Jul 19, 2023

CARA BUAT SITEMAP DI BLOG



CARA BUAT SITEMAP DI BLOG



APA ITU SITEMAP ?? 

      Sitemap pada situs blog merupakan salah satu cara untuk membuat situs blog atau web kita menjadi lebih SEO , dan menurut pakar SEO situs blog atau Wordpress ini adalah penting untuk membantu meningkatkan lalu lintas pengunjung di situs kita,
peta situs atau sitemap ini salah saatu cara juga untuk mesin pencari utama menemukan situs web kita, dan pastinya ini sangat membantu orang atau pengunjung menemukan artikel yang mereka cari,

CARA BUAT SITEMAP DI BLOG

selain itu manfaatnya juga banyak seperti menaikan trafik di situs kita, karena dengan kita memasang peta situs aatau sitemap akan banyak peluang untuk memunculkan isi situs kita di mesin pencari sepertiGoogle Search bing dll.

Dan otomatis akan banyak peluang orang masuk dan berkunjung di halaman situs blog,web kita,
nah dibawah ini adalah contoh peta situs yang saya pasang di halaman blog saya ini , dan bila kamu minat atau ingin buat ,kamu bisa cari script nya di Google dan banyak macam-macam kode sript yang bisa kamu pakai,
kamu juga bisa pasang sendiri dan ini adalah yang sering saya gunakan di situs blog saya ini,

belajar pasang peta situs atauπŸ‘‰SITEMAP


dan kamu akan temukan banyak di sini   Google Searc




Jul 16, 2023

Kelebihan dan kekurangan CDI AC dan CDI DC

Assalamu'alaikum wr,wb

Karena dalam suasana "idul Fitri "saya ingin mengucapkan minal aidzin Wal Faidzin maaf lahir dan batin πŸ™


Cdi AC Tiger

Ok kita akan sama-sama belajar mencari tahu apa perbedaan dari CDI AC maupun CDI DC.Seperti yang kita diketahui selama ini bahwa fungsi CDI pada setiap kendaraan motor dan jenis pengapian motor lainnya adalah, untuk merubah yang semula dari arus jenis listrik menjadi arus pengapian dan juga untuk mengatur waktu kapan dimulainya dan di akhirinya percikan api dari ujung busi yang sudah di tentukan oleh sistem,

Contoh otodidak πŸ‘‡

Kelebihan dan kekurangan CDI AC dan CDI DC

Kelebihan dan kekurangan CDI AC dan CDI DC

Baca juga: belajar otodidak

Sedangkan CDI tidak bekerja sendiri untuk menjadikan bunga api seperti itu, harus ada pendukung lainnya seperti

  1. Spul
  2. Pulser
  3. Baterai (aki)
  4. Dan koil

Semua itu yang biasanya disebut sistem pengapian, Sedangkan sistem pengapian pada sepeda motor yang kita tahu itu ada dua,


Yaitu sistem pengapian AC dan DC, namun kali ini Kita tidak membahas satu persatu dari komponan pengapian tersebut, akan tetapi saya akan mengajak belajar mencari tahu, apa kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem CDI tersebut,

Baik sistem dari CDI AC maupun DC pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing,


KELEBIHAN CDI AC
Misalnya Kelebihan yang terdapat dari sistem pengapian jenis CDI AC Atau (Alternating Current) ini yang tegangan utamanya bersumber dari spul atau altenator, atau arusnya bolak-balik, yang kemudian di lanjutkan dan di jadikan untuk pengapian CDI ,Besar kecilnya percikan dari ujung busi tersebut mengikuti putaran dari magnet itu sendiri,


jadi bila CDI AC yang ada pada motor kita, jika di simpulkan, semakin cepat atau kencang putaran pada magnet maka semakin besar pula pengapian yang di dapatkan, Sistem pengapian dari CDI AC ini tidak memerlukan tegangan 12volt dari baterai atau aki, jadi biarpun tidak ada batrai atau aki mesin tetep bisa hidup,hal tersebut dikarenakan pengapian pada mesinnya hanya membutuhkan dari arus bolak-balik dari Spul cdi tersebut, jangan lupa ngopi dulu biar tidak spaneng belaja otodidak nya☕😁

Berarti jika besarnya pengapian yang didapat karena mengikuti irama dari kecepatan atau putaran magnet otomatis Sistem pengapian CDI AC ( Alternating Current) ini sangat cocok untuk motor jarak jauh, touring 😁 

KEKURANGAN CDI AC

Nah Kalau ada kelebihan tentunya ada juga kekurangannya, kita sudah tahu kesimpulan dari kelebihan CDI AC(Alternating Current) yang bersumber dari arus bolak-balik atau spul CDI tersebut, yang cocok untuk motor nafas panjang,akan tetapi sistem CDI AC ini sifatnya masih kasar dan tidak stabil jadi kalau terjadi ke permasalahan pada Spul otomatis akan mengganggu performa laju motor itu sendiri, karena kehidupan pada motor yang memakai CDI AC ini bila terjadi spul mati karena gosong atau hal lainnya sudah bisa dipastikan mesin tidak akan bisa hidup,atau tergantung pada spul,

Kelebihan dan kekurangan CDI AC dan CDI DC



KELEBIHAN CDI DC

Berbeda lagi dengan Kendaraan motor yang menggunakan sistem CDI DC, karena sistemnya hanya menggunakan arus daya listrik 12volt,atau dari pengisian regulator ( kiprok), yang semula dari Spul arusnya bolak-balik menjadi arus searah
Yang artinya arus listrik yang nilainya tidak berubah, dan juga kelebihan dari CDI DC ini tidak lagi menggunakan spul CDI seperti CDI AC, pengapian pun lebih stabil, mudah di hidupkan dan suara mesin lebih halus , dan juga sistem CDI DC ini lebih cocok di gunakan motor yang mengejar akselerasi tinggi, hal tersebut dikarenakan ketika kontak dinyalakan (on) daya lebih siap di gunakan sebagai pengapian,  

KEKURANGAN CDI DC

Kelemahan dari motor yang menggunakan sistem dari CDI DC ini ialah, motor harus memakai baterai atau (aki) dan harus normal jika tidak, akan menggangu performa dari motor tersebut menjadi terganggu,lebih parahnya lagi jika aki di motor kita tidak normal atau tidak ada, akan beresiko terhadap komponen seperti CDI DC tersebut,

Jadi bila motor kamu menggunakan sistem dari CDI DC usahakan rutin mengecek aki agar bisa memastikan aki normal seperti cek sikring dan jalur-jalur yang berhubungan dengan aki, bila aki kamu menggunakan aki basah cek ketinggian airnya bila berkurang dari tanda batas segeralah menambah airnya,
Kelebihan dan kekurangan CDI AC dan CDI DC

 Jika ada kekurangan bisa kamu tambahkan melalui kotak email dibawah πŸ‘‡


Semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua amin 🀲

Daftar artikel otodidak

Belajar menyetel klep sendiri
Belajar mengenal perbedaan motor dua tak dan empat tak
Referensi Gigi rasio 
Jalur pengisian Megapro
Cara buat kunci pengaman sendiri


Home

Wassalamu'alaikum wr, wb

Jul 11, 2023

Belajar warna kabel motor

 Assalamualaikum wr wb




Senang bertemu lagi dengan kalian yang telah setia mengunjungi blog yang sangat sederhana ini,
Ok kali ini saya akan memberikan informasi tentang bagian yang penting dalam kelistrikan motor tentunya bagi yang masih belajar seperti saya πŸ˜… Maksudnya dari pengalaman pribadi dan menulis untuk berbagi"

Belajar warna kabel motor

Belajar warna kabel motor

Belajar membaca Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki

Kabel kelistrikan pada sepeda motor adalah bagian penting dari sistem pengapian dan kelistrikan lainnya, seperti untuk menyalakan klakson,lampu,sein,dan kelistrikan lainnya namun tiap kendaraan motor ada kesamaan warnanya akan tetapi berbeda fungsinya, sedangkan untuk motor pabrikan mulai dari Honda, Yamaha dan Suzuki memiliki kesamaan pada warna untuk kabel dari aki positif namun tidak pada kabel negatifnya,

Berikut adalah beberapa contoh warna kabel kelistrikan yang ada di kendaraan motor.


Honda

  • Merah: utama kabel positif aki
  • Hijau: negatif aki
  • Hijau-Kuning: Lampu rem
  • Coklat:lampu kota
  • Biru: Lampu jarak jauh
  • Biru Muda: Lampu Sein kanan
  • Biru-Kuning: Pulser CDI
  • Hitam: Kunci Kontak
  • Hitam-Kuning: Koil
  • Hijau-Kuning: Lampu rem
  • Biru: Lampu jarak jauh
  • Biru Laut/Muda: Lampu Sein kanan
  • Biru-Kuning: Pulser CDI
  • Hitam: Kunci Kontak
  • Hitam-Kuning: Koil
  • Hitam-Merah: Spul CDI
  • Cokelat: Lampu kota
  • Putih: Lampu jarak dekat
  • Oren: Lampu Sein kiri
  • Kuning: Arus beban ke saklar lampu
  • Abu-abu: Flasher
  • Hitam-Merah: Spul CDI
  • Putih: Lampu jarak dekat
  • Oren: Lampu Sein kiri
  • Kuning: kabel lampu dari spul 

Baca juga: mencari jalur kiprok

Yamaha

  • Merah: kabel utama positif Aki
  • Hitam: Massa (Negatif)
  • Merah muda: Klakson
  • Hijau: Lampu jarak dekat
  • Hijau Tua: Lampu Sein kanan
  • Hijau-Kuning: Lampu Rem depan
  • Hijau-Hitam: Lampu rem belakang
  • Biru: Lampu senja
  • Biru-kuning : Stop Starter Otomatis
  • Hitam-Merah : Spull ke CDI
  • Cokelat polos: Kunci kontak positif (posisi ON)
  • Coklat Tua: Lampu Sein kiri
  • Putih-Merah: Pulser CDI
  • Hitam-Putih: kontak Off
  • Putih-Hijau: Pulser CDI negatif alfa.
  • Kuning: Lampu jarak jauh
  • Warna Kabel Kelistrikan Motor Yamaha

Belajar otodidak saat pandemi

Kawasaki

  • Merah: Lampu belakang
  • Hitam-Kuning: Massa (Negatif)
  • Merah-Hitam: Lampu depan jauh/dimmer
  • Merah-Kuning: Lampu depan dekat
  • Hijau: Lampu Sein kiri
  • Biru: Lampu Rem
  • Cokelat: Klakson
  • Putih-Merah: Terminal Positif Aki
  • Abu-abu: Lampu Sein kanan


Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca  DISINI

Untuk sementar pembahasan mengenai belajar Mengetahui warna juga Fungsi Kabel Pada kendaraan Sepeda Motor, semoga dengan adanya ulasan yang kembali saya post lagi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua, terutama yang baru belajar, jika ada kekurangan atau salah dalam penempatan huruf atau penulisan mohon di koreksi dan bisa kalian tambahkan di kolom komentar terima kasih banyak atas kunjungannya, Selamat belajar

Salam otodidak πŸ™

Wassalamu'alaikum wr wb

Kembali ke beranda:

Jul 10, 2023

Ciri ciri dan penyebab piston rusak






Blogabm_piston atau seher yang ada di dalam mesin, baik itu mesin motor ataupun mobil ,  adalah salah satu komponen yang penting untuk kita ketahui ,

Terutama bagi kita yang masih belajar tentang otomotif , 
Karena apa? 
Karena bila ada sesuatu yang terjadi atau bermasalah pada mesin kendaraan , kita bisa segera mengetahuinya dan segera melakukan penanganan agar tidak menjadi lebih parah lagi.

Dalam hal ini belajar mengenali ciri-ciri piston atau seher rusak .

Ciri ciri dan penyebab piston rusak


Bagaimana kita bisa mengetahui Ciri-cirinya  jika piston sudah rusak?


Bila kita masih awam , Salah satu ciri-ciri piston atau seher motor itu  sudah mulai rusak, ini biasanya di tandai keluarnya asap yang berwarna putih dari knalpot tersebut,

Hal ini di karenakan ring pada piston atau seher sudah mengalami ke ausan akibat terkikis atau gesekan dari dinding boring atau ( cylinder block) tersebut 

Apa Penyebab piston rusak?


Apa kendaraan motor yang masih baru juga bisa mengalami kerusakan pada piston atau sehernya?


Jawabanya adalah ; tentu saja hal itu bisa saja terjadi ?

 Hal ini bisa saja terjadi baik pada motor yang sudah lama, maupun motor yang masih baru, 

Sebetulnya ini bukan masalah baru atau lamanya kendaraan , jadi meski motor kamu baru saja beli namun jika perawatan kurang baik ya itu bisa saja terjadi ( piston rusak,)


Karena banyak faktor yang mengakibatkan piston itu rusak ,yaitu kurangnya perawatan mesin dari si pemilik itu sendiri,

Seperti jarang servis, penggantian oli terlalu lama, dan sudah melampaui batas waktu untuk umur pelumasnya.

Maka dari itu rutin lah melakukan penggantian oli mesin dan rutin servis  di bengkel-bengkel langganan kamu, 

Ciri ciri dan penyebab piston rusak




Penting dan manfaatnya servis secara rutin

Dengan kita melakukan servis berkala tujuanya adalah, agar kondisi mesin tetap prima dan maksimal bila ada sesuatu yang perlu di ganti atau ada yang sudah rusak kita jadi tahu dari mekanik yang menanganinya, apalagi bila kita orang awam

Dan si mekanik tersebut akan mengatakan kondisi part-partnya dari mesin yang sedang ia tangani

Intinya lakukan perawatan mesin secara rutin agar mesin motor kamu tetap awet salah satunya bisa terhindar dari turun mesin.


Itulah ciri-ciri piston atau seher mengalami rusak dan harus diganti, dan Blok silinder mesin tersebut harus dilakukan kolter ulang dengan penyesuaian pada piston yang baru ,

Sementara ini yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat ,