Aug 21, 2023

cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

Assalamu'alaikum wr . wb.


Selamat sore selamat malam minggu bagi yang punya malam mingguπŸ˜…✌πŸ™
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
Tapi ingat! jangan lupa kalo mau keluar rumah selalu pakai masker 😷 ok..
biar apa,,, biar kita tetep bisa terjaga dari yang namanya virus" Yang selama ini bikin kehidupan kita seakan akan jadi lumpuh,,, 😒😒

Ok kali ini kita akan membahas mengganti 
(CDI ac) dengan (CDI dc)


Sebelum kita menuju yang kita maksut

Tak ada salahnya kita mengetahui dulu motor(kendaraan) yang memakai CDI AC bawaan,, 

cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

MOTOR yang memakai (CDI AC)yaitu Seperti,πŸ‘‡
Astrea star 
,Prima, 
,supra/suprax, 
,Revo lama,
,Glmax series
,Gl pro series(pro CDI) 
,Gl 200(tiger) 

Kita lihat contoh di bawah πŸ‘‡
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
cdi
Nomor , 1_ kabel warna hijau tua polos(masa)
_2, warna biru strip kuning menuju (fulser)
_3, warna hitam strip kuning mengarah (koil)
_4, kosong
_5, nah kalo ini sebaiknya di carikan kabel yang warna hitam polos saja,,
Kalo di kabel tiger ini mengarah ke spul CDI.. Yang berwarna hitam merah,,✍
_6, kosong (tak di pakai) 
 Kalian bingung rubah soketnya.. 
Sebaiknya jangan rubah soketnya biar saja pakai soket bawaan  motor tu iger itu sendiri karena soket yang nomer (1234) sebetulnya sama jalurnya tak perlu mengotak atik soketnya cuma yang kita rubah hanyalah soket yang nomor (5-6) saja 
Karena beda jenis strum itu saja πŸ‘†

Nb.. Kalo pakai CDI DC di motor tiger kalo bisa di pastikan aki ada strumnya.. Sebagai menyetabil arus biar tidak jebol CDI DC nya


KitaπŸ‘Œsruput,, kopinya dulu..☕☕biar gak panik 😁,, 
Perlu di ingat lagi biar mudah mencari strum nya buat CDI DC kita ambilkan strum dari kabel yang berwarna hitam polos saja..
kalo di belakang ada di bagian swit rem/ fleser, , .
,, 
 Kenapa saya sarankan pakai di kepunyaan neotegh/megapro,

kita ambil contoh dari motor gl 200 (tiger)


kalo mau pakai shogun juga bisa.. Asal tidak shogun 125.
biasanya kalo pakai shogun 125 itu kita harus merubah posisi plat/tonjolan yang ada di mahnit (pic up) atau sensor nya




Saya sarankan jika mau pakai CDI DC pakai kepunyaan gl neotegh/megapro/shogun 110 biar mudah dan cepat tidak terlalu nyeting pengapiannya ☕udah jelas kan,,

Kalo mas"yang sudah tau/mahir sangat mudah mengaplikasikan ini.. 
Ini bagi yang belum tau atau masih awam sangat sulit dan beresiko..πŸ‘Œ☕
Mudah mudahan yang suka otak atik sendiri,,, ini bisa sedikit membantu mencari solusi bagaimana meng aplikasikan CDI DC ke motor AC 
Yang kali ini kita  pakai contoh motor honda gl200(tiger) 

Salam satu aspal✊πŸ™ 




Aug 16, 2023

Persiapan touring bersama

 assalamualaikum wr,wb

Persiapan touring bersama


Persiapan touring bersama


touring bersama-sama

bagi yang suka berpetualang dengan kuda besinya atau touring bersama para sahabat
jangan lupa untuk melakukan persiapan dan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan saat mau berangkat atau saat berada di perjalanan nanti,,🏍️πŸ‘Œ

~~~~~~

hobi berkendara jauh bersama-sama atau dalam rangka menghadiri suatu acara atau ada tujuan kemanusiaan, ataupun hanya menikmati indahnya alam semesta ini,

Bersama pera sahabat, atau club kalian yang biasa kita bilang Touring,,nah sedang Untuk kebutuhan touring it sendiri perlu persiapan-persiapan yang matang sebelum melakukan tujuan tersebut, lalu persiapan apa saja yang tepat untuk perjalanan jarak jauh nanti,

Persiapan baik untuk diri kalian ataupun untuk kebutuhan motor saat perjalanan nanti, sehingga motor kita benar-benar siap untuk di ajak berpetualang,
Persiapan touring bersama
pengecekan

Pengecekan;

  Pertama Kita perlu melakukan pengecekan kondisi mesin motor terlebih dahulu apakah sudah benar-benar dalam kondisi sudah aman atau belum, lalu kita lanjut untuk memastikan setiap komponen-komponen lain  yang ada di motor kita benar-benar sudah aman , 

  Seperti: rem, lampu, klakson, ban, dan lainnya usahakan semua dalam kondisi siap,, agar nanti  tidak menjadi penghambat waktu di perjalanan nanti, karena kita tidak tau kondisi jalan  seperti apa yang akan kita liwati nanti,,

Alat-alat ringan;Ingat untuk berjaga-jaga jangan lupa kita juga siapkan kunci-kuncinya, seperti (T 8-10 , obeng bolak balik (-/+) pas ring 10-12-tang-kabel 1/2meter buat persiapan jaga ada trouble di bagian kelistrikan, solasi, gunting

selain itu kita harus persiapkan buat diri kita seperti jaket sarung tangan dan kaos kaki , kondisi tubuh kita juga harus benar-benar dalam keadaan fit biar di perjalanan siap menghadapi kondisi cuaca yang belum kita ketahui ,

Bekal;

  kita jagan sampai lupa bekal juga, apa saja yang perlu dibawa di tas  kita , kalau saya biasaya bawa seperti , termos buat menyiapkan air panas  bila kita ingin buat kopi ☕,kalau ada warung berhenti untuk membeli air panas buat jaga-jaga kalau istirahat mendadak dan bawa kopi yang SASET an,yang tinggal seduh itu lo gan, dan air mineral, camilan Snack,makanan ringan dll, buat jaga-jaga saat kita membutuhkan di wilayah yang jauh dari permukiman,


Persiapan touring bersama


  • Kedisiplinan;

saat kita mengendarai motor sepatutnya kita harus  mematuhi aturan-aturan berlalu lintas dan kedisiplinan saat dalam perjalanan,  prioritaskan keselamatan selama berkendara  dan tetap safety riding,,

Hindari kebut-kebutan atau apalagi ugal-ugalan mengambil jalur orang lain seenaknya, sebab seperti ini bisa menimbulkan masalah baru di tengah perjalanan nanti, bukan saja membahayakan diri kita namun juga membahayakan penggun jalan lain, karena kita sama-sama mempunyai hak menggunakan jalan yang sama,,

Tidak terpisah;

Tetap jaga jarak dengan rombongan jangan terlalu banyak bersandingan  atau kesamping,nanti bisa memenuhi atau memakan jalan. atur jarak misal nya dua-dua kebelakang seterusnya dan juga jaga jaraknya jangan terlalu jauh dari rombongan yang di belakangnya ataupun yang di depannya.

takutnya salah satu anggota kita ada  yang tertinggal atau terpisah dari rombongan yang lainnya, agar kita tidak sampai tersesat di perjalanan nantinya,

dan jangan lupa jaga perilaku kita saat di jalan umum, saling menghargai sesama pengguna jalan lainnya agar kita bisa lancar dan benar-benar  bisa menikmati keindahan alam sekitarnya dengan tetap safety riding,🀝

Beristirahat;

Usahakan beristirahat saat salah satu anggota mengalami kelelahan jangan terlalu di paksakan meski kita masih kuat kita juga lihat kondisi anggota yang lain lebih prioritas kan kebersamaan jangan sampai terpecah hanya karena beda keinginan, sebaiknya beristirahat agar semuanya dalam kondisi yang fit,πŸ’ͺ dan bisa melanjutkan perjalanan berpetualang πŸ™

~~~~~~~~

Baca juga tentang 

persiapan touring sendirian

ok,, kawan tetap safety riding , nikmatilah perjalananmu
bersama, teman-teman mu dengan aman dan lancar 🀝
wassalam wr,wb 
~~~~~~~~~

Aug 10, 2023

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui

Abm_halo sobat otodidak, ok kali ini kita akan membahas
bagaimana cara mengetahui fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kiita ketahui.
dari mulai spul kiprok hingga aki ,makadari itu, kita perlu mengetahui seperti tema sekarang ini ,
fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui dalam sistem pengapian kendaraan kamu ,

fungsi dari 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui
Dan Kita tahu bahwa sistem pengapian ini bertujuan untuk memercikkan api di ujung busi , yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar bensin di ruang bakar .

Pada saat bahan bakar yang sudah melalui proses pengabutan dan masuk keruang bakar dari sinilah terjadikan percikan bunga api pada ruang bakar dan membakar bahan bakar (BBM) yang sudah melalui pemadatan (kompresi)

Hal tersebut bisa terjadi juga karena adanya perintah dari beberapa komponen lainnya seperti pulser dan pick up, yang di olah melalui CDI tersebut.




Namun kita tidak akan membahas bagaimana kerja dai sistem pengapian tersebut secara deti,
karena kita masih dalam belajar atau pembelajaran sendiri (otodidak)😁

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui  

Nah kali ini kita akan belajar mengenali jalur-jalur sederhand dari kendaraan motor honda gl200 atau honda tiger ,dan di bawah ini akan saya bagikan skema atau gambar dari sistem atau rangkaian jalur prngapian dari kendaraan motor honda gl200 atau honda tiger ,

namun sebelum itu tidak ada salahnya bila kita belajar juga mengenai satu persatu bagian dari komponen dari sistem atau rangkaian pengapian tersebut,

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui ?

1. Spul; 


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui
 

Spul merupakan komponen yang penting komponen ini terbuat dari beberapa plat yang berlapis dan lilitan kawat tembaga ,
dan dari spul ini arus listrik di hasilkan untuk memenuhi kebutuhan listrik lainya ,seperti klakson, dan sein atau riting,





2.kiprok


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui

kiprok atau nregulator yang ada di kendaraan bermotor, ini berfungsi untuk menstabilkan listrik yang berasal dari spul sebelum menuju ke baterai [ aki.] selain itu kiprok juga berungsi sebqgai pengaman lampu utama agar tidak mudah putus,

3,Aki


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui


Selanjutnya adalah baterai atau [Aki] Aki ini adalah sebuah komponen yang bertugas atau bekerja untuk menyimpan daya listrik yang din hasilkan dari sepul , untuk kebutuhan seperti sein, lampu dan klakson ,selain itu aki juga penting untuk kendaraan yang memiliki sistem pengapian dc, hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi arus listrik yang berlebih, yang bisa merusak komponen lainya seperti cdi dll. karena selain aki berfungsi sebagai alat penyimpanan ,aki sendiri juga menstabilkan daya yang masih kasar dari pengisian. 


4.cdi

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui


CDI atau Capasitor Discharge Ignition ini wajib ada di kendaraan sekarang atau modern karena kalau di jaman dulu kita tahu kendaraan yang belum memakai sistem cdi [ Capasitor Discharge Ignition ] ,
namun masih memakai sistem manual atau platina ,
namun dengan perkembangan jaman sistem pengapian motor mulai di rubah lebih simpel dan ringkas yaitu cdi Capasitor Discharge Ignition.


Jul 30, 2023

Efek boring terlalu tipis



Efek boring terlalu tipis 

Efek boring terlalu tipis



Halo sobat abm, 

kali ini kita akan membahas tentang apa yang terjadi bila boring atau silinder terlalu tipis, ? 

Nah banyak kasus dimana saat kita melakukan boreup tanpa memperhatikan kondisi boring yang akan kita gunakan nanti.

Efek boring terlalu tipis 


Namun menurut pengalaman sebetulnya tidak melulu soal tipis dan masih tebalnya boring , 

Namun ada yang perlu diperhatikan lagi disini saat kita akan mengadopsi piston yang lebih besar dan memakan boring terlalu banyak, dan menyisakan sedikit beberapa mili dari dinding boring tersebut, 

Bahan dari silinder itu sendiri yang perlu diperhatikan disini, 



Dari pengalaman selama ini boreup besar dan menyisakan dinding boring yang tipis aman-aman saja, bila memakai boring bawaan dari motor tersebut, 

Namun pengalaman lainnya boring bisa pecah dan yang kerap menjadi pemikiran disini adalah , sisa dari boring tersebut justru masih menyisakan lebih tebal dari boring original bawaan dari motor tersebut, 

Bahan boring;


Dibawah ini ada dua boring original dan kW (imitasi) 

Efek boring terlalu tipis


Dari sini kita sudah bisa menyimpulkan pengaruh bahan dasar boring yang menjadi biang permasalahannya, 

Saran saya bila ingin mengaplikasikan piston yang gede-gede ganti boring yang bawaan motor , namun masalahnya disini adalah, piston yang akan kita pakai itu melebihi diameter luar dari boring bawaan pabrik tersebut, 

Solusinya Jika kita akan memperbesar ukuran piston yang melebihi rumahnya atau boring itu, usahakan kita mengganti linear nya saja.

Kita bawa ke bengkel bubut dan minta ganti boring yang lebih besar atau lebih tebal , 

Tujuannya agar suatu saat bila kita mengganti piston tidak mudah habis dan juga ketebalan dari dinding yang disisakan masih kuat, 

Hal tersebut dikarenakan ketika boring atau silinder yang sudah terlalu tipis itu akan muai dan berubah bentuk disaat kondisi panas akibat motor di geber. 



Namun ada banyak pilihan bila ingin boring dan sudah banyak di pasaran , jadi kita tidak perlu bingung-bingung mencari silinder atau boring yang kwalitasnya sama dengan yang original atau aslinya, 



Ok sementara itu dulu ya dulur semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,🀲

Jul 22, 2023

jalur dan Warna kabel CDI Megapro


jalur dan Warna kabel CDI Megapro CDI atau ( Capacitor Discharge Ignition ) yang memiliki peran utama di dalam sistem pengapian motor




 komponen tersebut ( CDI ) ini yang berfungsi untuk mengatur waktu terjadinya pengapian yang keluar pada sepeda, selain pulser,spul, yang juga sebagai bagian dari sistem pengapian termasuk CDI.
Namun kali ini kita tidak akan membahas proses terjadinya pengapian karena pembahasan tersebut ada di post lain ,
akan tetapi kita sebagai pemula termasuk saya 🀝 yang juga pemula akan belajar bagaimana sih caranya biar kita bisa mengetahui jalur mana dan warna kabelnya apa saja di bagian CDI Megapro tersebut.

Warna kabel CDI Megapro

jalur dan Warna kabel CDI Megapro

Warna kabel CDI Megapro ini memiliki empat warna yang sama seperti Honda GL MAX neotegh, GL PRO neotegh Suzuki Shogun ,

Karena CDI tersebut memang memiliki kesamaan baik itu posisi dan fungsinya,

Namun yang membedakan hanyalah warna saja, yang kita tahu yang memiliki warna sekaligus posisi dan fungsinya adalah untuk Honda warnanya sama dengan memiliki warna yang mirip dengan Honda Megapro,

Perlu kita perhatikan untuk setiap warna ini memiliki fungsi masing-masing baik warna dan posisi dari kabel CDI atau jalur dan Warna kabel CDI Megapro tersebut,


Lalu bagaimana caranya agar kita bisa tahu posisinya jika kita menemui kabel atau soket tersebut sudah pernah mengalami penggantian soket ke imitasi yang kita ketahui jarang yang memiliki warna kabel yang sama dengan warna pada soket CDI bawaannya.
Kalau tidak begitu kita sendiri berencana mengganti soket CDI sendiri dengan membeli di toko-toko sperpat kebanyakan warnanya sangat ngaco bukan, pernah kan kita jumpai saat beli soket kabel CDI dan saat kita lihat warna kabelnya tidak ada kesamaan sama sekali , belum lagi posisinya sangat membingungkan namanya juga imitasi heeee...

Nah oleh karena itulah kita kali ini belajar tidak hanya warnanya saja yang akan kita pelajari namun letak fungsi dan posisinya, agar dilain waktu jika kita mengalami atau berniat untuk mengganti soket CDI tersebut tidak mengalami kesulitan, entah mengganti soket CDI karena rusak atau alasan lain seperti merakit di motor yang baru memulai memasang instalasinya,Kata bisa melihat dari letak dan posisinya.

Artikel terkait:

Mencari jalur kiprok di sepeda motor


Ok Dibawah ini kita akan sama-sama belajar bagaimana caranya agar bisa mengetahui baik letak posisi dan Warna kabel CDI Megapro, semoga ini bisa membantu jika mengalami penggantian warna kabel CDI Megapro.
Berikut ini adalah beberapa contoh gambar yang saya bikin sesederhana mungkin dan bisa untuk kita pelajari sama-sama,

Warna kabel CDI Megapro


jalur dan Warna kabel CDI Megapro


Jika kita melihat dari skema di atas kita sudah bisa melihat bagian dari rangkaian sistem pengapian pada kendaraan yang kali ini kita bahas yaitu honda Megapro,

  • Baterai/aki
  • Kontak
  • CDI Megapro
  • Koil
  • Dan pulser/sensor

Baca juga : 

  1. Mencari jalur kiprok grand
  2. Mencari jalur sein motor
  3. Ciri-ciri kiprok lemah atau rusak
  4. Megapro pakai CDI grand

Contoh lain untuk mencari dan belajar mengenali  Warna kabel CDI Megapro

jalur dan Warna kabel CDI Megapro
Berikut ini adalah beberapa contoh arti warna dari kabel-kabel tersebut;

Keterangan untuk jenis motor Honda : 

  • a) Kabel merah : dari baterai/aki ke kontak 
  • b)Kabel hitam : dari kontak ke positif 12 volt CDI Megapro
  • c ) Kabel hitam kuning: dari CDI Megapro ke positif koil 
  • d ) Kabel hijau tua : ke body / untuk semua jenis massa 
  • e ) Kabel biru kuning : dari CDI mengarah ke pulser 

Belajar mengenali jalur soket CDI Megapro selain dari warnanya

Ini sangat perlu untuk mencari tahu posisi dari soket CDI Honda Megapro , bagi pemula atau yang lagi belajar otomotif secara otodidak seperti saya 😁 

Hal tersebut perlu kita pelajari karena untuk berjaga-jaga ketika kita sedang mencari di bagian warna kabel CDI Megapro tidak bisa kita temukan , kenapa begitu ?



ya mungkin saja sudah pernah dilakukan perbaikan di bagian tersebut, dan warna kabel CDI Megapro bawaannya sudah pernah di ganti oleh orang lain atau dengan alasan tertentu,Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat dan pelajari bagian-bagian dari posisi soket CDI Megapro atau mencari tahu posisi Warna kabel CDI Megapro atau yang bertujuan ingin mengembalikan ke warna standar dari motor Honda Megapro, 



jalur dan Warna kabel CDI Megapro

Menurut gambar yang kita lihat di atas ini sudah bisa kita pahami dari posisinya. dan dari sini semoga bisa menghafal letak dari Warna kabel CDI Megapro , seperti;

  • Garis Kuning : mengarah ke kabel koil warna hitam strip kuning
  • Garis biru muda : mengarah ke kabel pulser warna biru strip kuning
  • Garis hijau : mengarah ke kabel massa atau ke body sasis /kabel hijau tua
  • Garis merah : mengarah ke kabel positif 12 volt. CDI Megapro

Nb: untuk warna kabel lain merek kendaraan beda warna dan fungsinya ,


Salam belajar otodidak 🀝