Aug 29, 2023

jalur kabel cdi motor supra


jalur kabel cdi motor supra


jalur kabel cdi motor supra


Abm_komponen pada kendaraan yang perlu kita pelajari adalah'' Capacitor Discharge Ignition''( CDI )
kenapa begitu???
karena ini adalah bagian penting dari kendaraan motor ,


CDI yang bertugas untuk mengatur waktu terjadinya percikan api yang keluar dari ujung busi,
cdi adalah bagian penting dati sistem pengolahan yang semula arus listrik yang berubah menjadi pengapian, dan menjadi api untuk membakar bahan bakar ,
atau biasa disebut sebagai pengapian ,

Namun kali ini kita tidak akan membahas proses terjadinya pengapian karena pembahasan tersebut sudah pernah dan ada di post lain ,dan bisa kamu cari di halaman yang pernah saya buat,
Tapi kita akan belajar mengenal jalur dan warna dari bagian cdi tersebut,
bagi yang sudah mahir mungkin ini adalah persoaan yang mudah ,
namun untuk kita yang sedang beajar ini akan sangan berarti,
untuk itu dibawah ada gambar atau diagram yang mungkin bisa kita pakai untuk belajar menghafal atau memahami bagian ini jalur kabel cdi motor supra


jalur kabel cdi motor supra


  • KETERANGAN DARI POSISI (LETAK )

  1. jalur ke koil
  2. kosong
  3. jalur ke pulser
  4. jalur ke spul ac (sepul cdi)
  5. jalur ke kontak
  6. jalur ke masa (negatif )

  • KETERANGAN DARI WARNA KABEL

  1. kabel warna hitam kuning
  2. kosong(tidak ada)
  3. kabel warna biru kuning 
  4. kabel warna hitam merah
  5. kabel warna hijau tua 


jalur kabel cdi motor supra



semantara ini yang bisa kta pelajari , semoga bisa bermanfaat buat kita semua amin,,





Aug 23, 2023

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat



Abm_Halo sobat abm , bagaiman masih tetap istiqamah dalam menuntut ilmu , semoga masih tetap semangat ya.

Ok kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai sekitar servis sendiri ,

Sebetulnya Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sendiri tanpa harus kita pergi ke bengkel untuk masalah servis ringan,

Seperti membersihkan karburator, busi,kampas rem, dan lain sebagainya,

Namun yang saya maksud disini adalah servis ringan dan mungkin bisa kita pelajari sendiri, dan saya tetap menganjurkan untuk pergi ke tempat servis atau bengkel terdekat kamu jika masih ragu untuk mengerjakan sendiri.

Ok kita kembali ke topik utama yaitu bagaimans cara membersihkan sendiri fuel pump beat tanpa harus pergi ke bengkel.

Kali ini untuk kendaraan bermotor milik Honda beat yang akan kita jadikan praktek.

Pertama siapkan alat-alatnya dan biasanya hanya menggunakan 3buah kunci saja seperti ;

  1. Kunci ( T ) 10"
  2. Obeng plus ( + )
  3. Obeng min ( - )




Selanjutnya kita mulai pengerjaannya , perlu diketahui fullpom milik Honda beat atau produk Honda lainnya kebanyakan posisi atau letaknya ada di bawah jok bagian belakang,

Jadi lebih mudah untuk pembongkaran dan mendapatkan fullpom tersebut,

Pertama buka jok, selanjutnya kita buka penutup biasa baut skrup , letaknya ada di depan tutup tangki bensin,

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat




Setelah berhasil membuka penutup fullpom, selanjutnya lepas dulu soket dan slang yang memakai jepit agar mempermudah proses pengambilan fullpom nya,seperti gambar di bawah ini,

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat



Selanjutnya angkat bodi fullpom tersebut hingga keluar semua, seperti gambar dibawah ini,

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat


Jika sudah lepaskan saringan bensin tersebut dari pengaitnya dengan mencukit kancingnya di samping.
Setelah berhasil selanjutnya lepaskan atau copot kabel yang masih menempel di sekun-sekun nya, seperti gambar di bawah ini,

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat




Selanjutnya lepaskan penutup Rotax dengan mencukit kancingnya yang posisinya ada di samping bawah  seperti gambar di atas tadi.

Jika sudah berhasil melepas semua sekarang bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih karburator atau karbu kliner , dan jangan lupa dibilas dengan bensin ,

Jika semua dirasa sudah cukup dan bersih sekarang tutup kembali,

Cara membersihkan sendiri fuel pump beat

Untuk menjaga agar kita tidak lupa coba diperhatikan gambar di atas ini dan untuk di ingat-ingat agar waktu pemasangan kembali tidak lupa, 
Kita hafalan dari angka-angka tersebut mulai;
  1. Kabel merah = positif pelampung bensin
  2. Kabel hitam = negatif atau (masa)
  3. Kabel merah = positif Rotax 
  4. Kabel hitam =  negatif (masa)  



Nb; Perlu diperhatikan ya dulur saat melepas kabel-kabel di atas jangan sampai salah mengembalikan , jika tidak ingin kelupaan waktu melepas catat atau kamu bis foto dulu sebelumya,




Ok sementara ini dulu yang bisa kita pelajari semoga bermanfaat bagi kita semua yang sedang belajar otomotif secara mandiri (otodidak)

Aug 22, 2023

Arti warna kabel cdi megapro

Arti warna kabel cdi megapro


Arti warna kabel cdi megapro

 Abm_ halo sobat belajar otomotif bagaiman masih tetap semangat untuk menuntut ilmu di dunia otomotif ?

Saya harap kamu masih seperti yang dulu , seperti sebuah lagu πŸ˜… 

Ok sebelumnya saya minta maaf baru bisa nongol kembali untuk memberikan sedikit informasi tentang belajar otomotif secara mandiri atau otodidak, 

Karena masih disibukkan aktifitas sehari-hari hingga lupa untuk mengurus blog ini dan membagikan sesuatu yang mungkin sedikit bermanfaat bagi kita semua terutama untuk kita yang masih berjuang menuntut ilmu, 

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai sekitar kelistrikan pada kendaraan motor,

Dan yang akan kita jadikan praktek kali ini adalah kendaraan motor jenis pengapian DC , motor dari produknya pabrikan Honda Megapro

Sebetulnya banyak hal yang harus kita pelajari di sekitar kelistrikan , namun alangkah baiknya kita mempelajari ilmu itu tidak langsung keseluruhan namun harus sedikit-sedikit agar kita bisa memahami dengan matang, 

Nah panjang lebar lagi dech ngocehnya πŸ˜…πŸ˜…πŸ™ 

Langsung saja kita ke topik utama yaitu belajar mengetahui Arti warna kabel cdi megapro, 

Nah dibawah ini ada sebuah gambar atau diagram sederhana untuk kita pelajari bersama-sama, sengaja saya buat sesederhana mungkin agar bisa di pahami dan akan saya kasih keterangan dibawah nanti, 

Kamu bisa Simak selengkapnya disini

Aug 21, 2023

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

 

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah ?? kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand

Cara pasang kiprok grand di motor Tiger

 

Ciri Kiprok motor mulai rusak

Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai (aki)

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah


namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,


Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti diatas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,


Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami overcharging atau arus tidak beraturan .overcharge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah



 Beberapa gejala salah satunya :
Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.

sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,



itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..
sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

Assalamu'alaikum wr . wb.


Selamat sore selamat malam minggu bagi yang punya malam mingguπŸ˜…✌πŸ™
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
Tapi ingat! jangan lupa kalo mau keluar rumah selalu pakai masker 😷 ok..
biar apa,,, biar kita tetep bisa terjaga dari yang namanya virus" Yang selama ini bikin kehidupan kita seakan akan jadi lumpuh,,, 😒😒

Ok kali ini kita akan membahas mengganti 
(CDI ac) dengan (CDI dc)


Sebelum kita menuju yang kita maksut

Tak ada salahnya kita mengetahui dulu motor(kendaraan) yang memakai CDI AC bawaan,, 

cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

MOTOR yang memakai (CDI AC)yaitu Seperti,πŸ‘‡
Astrea star 
,Prima, 
,supra/suprax, 
,Revo lama,
,Glmax series
,Gl pro series(pro CDI) 
,Gl 200(tiger) 

Kita lihat contoh di bawah πŸ‘‡
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
cdi
Nomor , 1_ kabel warna hijau tua polos(masa)
_2, warna biru strip kuning menuju (fulser)
_3, warna hitam strip kuning mengarah (koil)
_4, kosong
_5, nah kalo ini sebaiknya di carikan kabel yang warna hitam polos saja,,
Kalo di kabel tiger ini mengarah ke spul CDI.. Yang berwarna hitam merah,,✍
_6, kosong (tak di pakai) 
 Kalian bingung rubah soketnya.. 
Sebaiknya jangan rubah soketnya biar saja pakai soket bawaan  motor tu iger itu sendiri karena soket yang nomer (1234) sebetulnya sama jalurnya tak perlu mengotak atik soketnya cuma yang kita rubah hanyalah soket yang nomor (5-6) saja 
Karena beda jenis strum itu saja πŸ‘†

Nb.. Kalo pakai CDI DC di motor tiger kalo bisa di pastikan aki ada strumnya.. Sebagai menyetabil arus biar tidak jebol CDI DC nya


KitaπŸ‘Œsruput,, kopinya dulu..☕☕biar gak panik 😁,, 
Perlu di ingat lagi biar mudah mencari strum nya buat CDI DC kita ambilkan strum dari kabel yang berwarna hitam polos saja..
kalo di belakang ada di bagian swit rem/ fleser, , .
,, 
 Kenapa saya sarankan pakai di kepunyaan neotegh/megapro,

kita ambil contoh dari motor gl 200 (tiger)


kalo mau pakai shogun juga bisa.. Asal tidak shogun 125.
biasanya kalo pakai shogun 125 itu kita harus merubah posisi plat/tonjolan yang ada di mahnit (pic up) atau sensor nya




Saya sarankan jika mau pakai CDI DC pakai kepunyaan gl neotegh/megapro/shogun 110 biar mudah dan cepat tidak terlalu nyeting pengapiannya ☕udah jelas kan,,

Kalo mas"yang sudah tau/mahir sangat mudah mengaplikasikan ini.. 
Ini bagi yang belum tau atau masih awam sangat sulit dan beresiko..πŸ‘Œ☕
Mudah mudahan yang suka otak atik sendiri,,, ini bisa sedikit membantu mencari solusi bagaimana meng aplikasikan CDI DC ke motor AC 
Yang kali ini kita  pakai contoh motor honda gl200(tiger) 

Salam satu aspal✊πŸ™