Aug 27, 2024

Cara lepas templar atau pelatuk klep Yamaha

Cara lepas templar atau pelatuk klep Yamaha


Cara lepas templar atau pelatuk klep Yamaha Vega atau Yamaha lainnya, ini memang agak sedikit berbeda dengan kendaraan motor lainnya
Bagi mereka yang sudah sering mengganti templar atau pelatuk klep motor Yamaha memang terlihat mudah, namun kita yang sedang lagi belajar otomotif atau yang masih pemula ini agak sedikit kesulitan.


Nah bagi dulur-dulur yang masih baru belajar otomotif seperti saya ini yang masih kebingungan bagaimana caranya agar kita bisa melepas pen templar untuk membukanya , yang bertujuan untuk menyekir ulang klep atau untuk mengganti klep dan masih terhalang karena sulitnya melepas pen templar , karena memang kalau templar ini belum bisa kita lepas otomatis kita tidak bisa melepas klepnya juga.


Dulur ini ada sedikit tips buat yang belum pernah membuka atau melepas pen templar motor Yamaha Jupiter,Vega, Mio dan lainnya yang memiliki kesamaan dengan ini, mungkin kalian bisa pakai cara seperti ini,

Alat yang digunakan:

  1. Pertama siapkan baut dengan ukuran 12 panjangnya kurang lebih 10-15 cm beserta mur nya .
  2. Selanjutnya siapkan Gir belakang bekas atau yang sudah tidak terpakai.
  3. Setelah itu tentu kita persiapkan juga kuncinya seperti kunci ukuran 12 pas dan kunci "T ukuran 12


Praktek kerja :
Caranya pasang mur ukuran 12 tadi ke bautnya hingga mendekati kepala bautnya
Selanjutnya masukkan baut 12 tadi ke lubang yang ada di bagian gir belakang terserah kamu pilih lubang yang mana, 


Selanjutnya masukan ujung bautnya ke pen templar yang disitu sudah tersedia ulir sekrup dengan ukuran 12 juga , nah silahkan kunci kepala bautnya hingga dirasa sudah kuat , dan sekarang tinggal Kamu putar mur 12 tadi ke kanan dan putar terus mur nya hingga menekan dan sampai terangkat pen templar nya ,

Nah dari sini saya harap kamu sudah paham bagaimana caranya untuk melepas atau mencabut pen templar nya di motor Yamaha Jupiter Vega Mio atau keluarga Yamaha.

Semoga ini bisa bermanfaat selamat mencoba

Aug 21, 2024

AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA

Berikut adalah beberapa foto AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA atau para penunggang kuda besi kelas ber CC besar, dari ajang kelas dunia , yang sangat menakjubkan ketika beraksi di lintasan , mereka ini adalah koki terhebat di ajang balap MotoGP,

Aksi mereka yang terlihat ekstrim terutama jika kita lihat di saat-saat aksinya berada di tikungan, saat menyalip, ini yang menjadi terlihat ekstrim, siapa saja mereka yang menjadi idola para pecinta motor balap, kelas dunia atau MotoGP ,

Dibawah ini Foto aksi pembalap dunia MotoGP ,yang sudah tidak asing lagi yang sering kita lihat di acara MotoGP di layar kaca televisi,

Foto aksi pembalap dunia MotoGP Foto aksi pembalap dunia MotoGP

Foto aksi pembalap dunia MotoGP 

AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA
MotoGP


AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA



AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA

AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA
Aksi Valentino Rossi 
Ditikungan

AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA
Bermanuver

AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA
AKSI SLIDING EKSTRIM JOKI BALAP DUNIA
  

itulah para joki-joki handa kelas dunia 



Aug 9, 2024

GREDEK SAAT TARIKAN AWAL PADA MOTOR MATIC

 Pernahkah kamu merasakan ada yang aneh pada motor matic kamu saat kita mulai gas awal , rasanya seperti grede-gredek atau GREDEK SAAT TARIKAN AWAL PADA MOTOR MATIC . 


GREDEK SAAT TARIKAN AWAL PADA MOTOR MATIC


kalau kita orang awam rasa seperti itu jdi was-was dan takut jikalau ada yang rusak parah pada mesin motor matic kita,  

jangan khawatir lor itu tidak parah kok hal ini memang biasa terjadi dan bahkan semu motor matic akan mengalami dan merasakan ha yang sama seperti gredek-gredek , 

dan itu bukan suara atau bukan bersumber dari dalam mesin  , nah jika kamu merasakan hal tersebut  seperti gredek-gredek psds motor matic kamu itu tandanya roller di bagia CVT sudah waktunya ganti, alias sudah peyuk-peyok  

GREDEK SAAT TARIKAN AWAL PADA MOTOR MATIC


GREDEK SAAT TARIKAN AWAL PADA MOTOR MATIC , ROLLER merupakan salah satu komponen yang ada di dalam rumah CVT tanda-tanda ini akan muncul jikalau roller tersebut sudah mulai aus , dan roller yang awalnya berbentuk bulat dan jika sudah rusak biasanya terlihat peyok ,atau benjot

Nah jika sudah berbentuk benjot atau kondisinya seperti itu tandanya sudah minta ganti lorrwalaupun terlihat ringat namun jika tidak di gnti dan dibiarkan begitu sja ini akan merembet kemana-mana, contohnya rumah roller akan melgalami keruskan, dan v-belt akan mudah slip ingat lorr; mintalah mekaniknya untuk pengecekan pada rumah CVT disaat kamu servis di bengkel-bengkel terdekat kamu


ok sementara itu yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat 

Aug 5, 2024

Seberapa lama proses pembuatan mesin drag racing




seberapa lama proses pembuatan mesin drag racing


Seberapa lama proses pembuatan mesin drag racing
Halo sobat belajar otomotif otodidak. Berapa lama proses pembuatan mesin drag racing Dengan makin maraknya peminat pecinta otomotif dalam hal ini motor racing alias spekmesin jahat , namun perlu kamu ketahui apa saja yang harus di persiapkan dan Berapa lama proses pembuatan mesin drag racing ?

Sebetulnya untuk membuat atau mengolah dari mesin standar pabrikan menjadi mesin balap ini banyak orang yang belum mengetahui dan belum mempersiapkan dari awal mereka berniat memutuskan untuk merombak mesin mereka menjadi mesin spek racing.  

Dan alhasil banyak yang gagal di tengah jalan , atau boro-boro mesin jadi malah tak sedikit keadaan mesin masih 60% proses pembuatan udah mandek atau tidak di teruskan , hal ini bisa terjadi jika persiapan kurang matang dan belum siap konsekuensinya kedepannya akan seperti apa tidak di perhitungkan,

Kendala-kendala yang sering terjadi kegagalan proses pembuatan mesin Spek racing ialah;

Kesiapan Dana;

 Seberapa lama proses pembuatan mesin drag racing ? Yang biasa terjadi pada anak-anak motor yang ber keinginan menjadikan mesinnya dari standar pabrikan menjadi mesin garang (Spek racing) adalah kurangnya persiapan anggaran untuk proses pembuatan mesin Spek drag racing, karena apa untuk memutuskan dan merubah mesin standar ke Spek racing terkadang tidak kita sadari pembengkakan dan nantinya akan terjadi di karenakan banyak hal di luar dugaan sebelumnya.


Kesiapan waktu yang di korbankan;

Kita ketahui bersama bahwa waktu mengupgrade mesin dari standar pabrikan menjadi mesin bertenaga besar, banyak waktu yang dibutuhkan dan sering sekali waktu itu tidak tepat seperti yang di harapkan di awal, misalnya kita memordiksi proses akan berjalan sekian bulan , dan ternyata lebih dari itu, kadang kala bisa sebelum waktunya sudah selesai namun tidak sedikit yang molor , jadi kita harus mempersiapkan hal-hal ini terjadi.

 Jadi Berapa lama proses pembuatan mesin drag racing itu tidak bisa di bilang mudah apalagi jika proses pembuatan melibatkan banyak pihak seperti si bengkel dan tempat bubut terpisah-pisah, contohnya proses memodifikasi kruk as di tempat bubut (A) sedangkan proses part lainnya di lempar ke tempat bubut lainnya si (B) dan (C) nah inilah yang sering terjadi ,

Seberapa lama proses pembuatan mesin drag racing


Maka dari itu jika kamu yang ingin menjadikan mesin motor yang awalnya standar pabrikan menjadi spek drag racing kamu harus mempersiapka hal-hal seperti di atas dan harus tau resiko sebelum memutuskannya.


Kecuali bila kamu memang berniat untuk merombak mesin motor standat menjari racing dan porsesnya di satu tempat misalnya bengkel dan tempat bubut itu di tempat yang sama dan langkap,
Nah mungkin ini bisa lebih cepat, tapi walaupun begitu jika kamu tanya Berapa lama proses pembuatan mesin drag racing jawabannya adalah relatif dan itu bisa tepat waktu bisa juga molor dari waktu yang di tentukan ,  

Maka dari itu kamu harus sudah mempersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti waktu yang agak lama kegagalan dari bagian-bagian part yang akan di pasang atau ada kekeliruan dalam pembuatan bagian part-part lainnya, jadi kalau memang sudah berniat ya harus diap konsekuensinya atau resiko . 

NB;Beda lagi bila ini di lakukan di sebuah team atau satu team bekerja sama nah ini beda lagi ,


Salam belajar ,

Jul 26, 2024

Fungsi kiprok pada motor

Fungsi kiprok pada motor

kiprok adalah salah satu komponen yang amat penting untuk diketahui terutama bagi yang sedang beljar otomotif,
dalam sistem pengisian motor kiprok yang Fungsi mengatur arus listrik yang masuk ke baterai yang ada dikendaraan motor maupun mobil.

Fungsi kiprok pada motor pertama Fungsi kiprok atau regulator pada motor utamanya adalah 

  • untuk merubah arus listrik yang semula arusnya bolak balik menjadi arus earah'
Fungsi lain dari kiprok ini penting ya lur untuk menisi atau mensuplay Arus listrik yang dihasilkan oleh generator ke (aki) dan menjaga kondisi baterai agar selalu terisi dengan baik .

penyebab busi motor sring mati

  • Agar lampu motor tidak gampang putus
Fungsi kiprok pada motor selain bungsi di atas juga berfungsi agar lampu motor idak gampang putus karena arus yang berlabihan,

maka jika kiprok ini rusak yanga akan terjadi adalah, lampu motor akan cepat putus dan yang lebih parah lagi bila kiprok pada kendaraan motor mengalami kerusakan ini akan berimbas kemana-mana

apalagi untuk motor yang berjenis pengapian DC (Direct Current) yang arusnya searah,karena
sistem pengapian jenis ini yang tergantung menggunakan arus yang bersumber dari baterai,


semoga bermanfaat