Oct 12, 2021

Jalur Pengapian Megapro


Jalur Pengapian Megapro
Jalur Pengapian Megapro

Kelistrikan yang ada di kendaraan motor adalah hal yang perlu diperhatikan, dan saya akan membahas sedikit tentang belajar membaca jalur dari pengisian hingga ke pengapian Megapro.
Dan berhubung ini sering saya jumpai problem dari teman, kali ini saya akan membahas lagi alur atau skema dari pengisian hingga ke komponen utama yaitu cdi Megapro.

Jalur Pengapian Megapro Lalu dari mana dan kemana saja jalur atau skema dari mulai warna kabel kelistrikan hingga ke pengapian Megapro, namun kali ini saya hanya Fukus di bagian ini saja yaitu jalur pengisian ke pengapian,

Sebetulnya masalh ini sudah pernah saya tuliskan di artikel sebelum-sebelumnya tentang sistem pengapian, tapi tidak apa ini saya buat untuk kendaraan Megapro, dan akan saya bagikan skema atau gambar dari pengisian ke pengapian motor tersebut (Megapro)Perlu di perhatikan untuk motor ini (Honda Megapro) ini mempunyai dua sekring yang satu untuk pengisian yang satunya untuk kontak atau posisi on ,
Biar lebih mudah untuk di pahami nanti dibawah kamu bisa melihat alurnya dari pengisian hingga ke pengapian motor Megapro. Coba simak dibawah ini,


Jalur Pengapian MegaproJalur pengisian Megapro

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa baterai (aki) memiliki peran Yang sangat penting dalam menstabilkan semua kelistrikan yang ada di motor ini,
Bagaimana jika baterai atau aki soak atau mati ? Pastinya ini akan mengganggu kinerja dari komponen-komponen kelistrikan yang ada pada motor tersebut. Kerja regulasi /kiprok semakin berat , belum lagi ke komponen yang sangat penting yaitu CDI,
Hal tersebut dikarenakan CDI di motor ini atau semua motor yang memiliki jenis pengapiannya DC atau (Direct Current) membutuhkan arus listrik yang stabil tidak naik dan turun,
Kadang kita terlalu menyepelekan tanpa aki mesin tetep bisa hidup atau jalan, namun jika kendaraan motor sudah mengalami kerusakan pada beberapa komponen ini justru akan membuat biaya lebih banyak lagi lagi kan,


Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan πŸ˜…
Sementara ini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat sobat yang baru memulai otak otak Atik sendiri



Sep 17, 2021

Penyebab Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup

Motor terasa getar

  
Ganti laker bandul

      Selain untuk keperluan transportasi agar mempersingkat waktu ,Berkendara dengan sepeda motor, itu juga sangat menyenangkan bukan , Akan tetapi bagaimana jika kenyamanan saat mengendarai motor tersebut terganggu oleh getaran-getaran motor yang amat kuat yang kita rasakan dari mesin motor tersebut, hal ini tentunya sangat menggangu kenyamanan saat kamu berkendara atau melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring dan sebagainya.


perlu kita ketahui getaran-getaran tersebut bisa jadi hanya masalah yang sangat sepele tapi juga bisa dari masalah yang amat serius seperti as kruk,

  • Baca juga:


✍️  bergetar saat mengendarai memang terasa tidak nyaman, apalagi getarannya sampai membuat kita risih (gak nyaman) ini perlu untuk diperhatikan dan di waspadai lur..
Namun sebelum kita memvonis masalah berat yang terdapat di dalam mesin motor tersebut, alangkah baiknya jika kita mau mengeceknya terlebih dahulu, dari hal yang ringan-ringan dulu, kamu bisa periksa dulu di bagian seperti berikut ini,

  • Arem atau supit 

Arem grand


Arem atau supit, ini juga perlu diperhatikan tidak menutup kemungkinan Arem/supit bisa jadi biang kerok dari  penyebab getaran-getaran pada kendaraan motor kamu, bisa jadi baut atau as supit ini kendor , jika ini benar kendor lakukan pengencangan pastikan arem sudah kencang dengan benar,

  selanjutnya kamu bisa cek atau periksa bos"bosan Arem/supit yang menjadi rumah dari as arem/ supit tersebut,
Jika sudah mengalami oblak atau aus solusinya adalah ganti bos-bosan arem tersebut ,
Karena jika tidak diganti, percuma saja kita melakukan pengencangan mur pada baut arem tersebut, 

  • Pangkon gantungan mesin:



Pangkon


       Selanjutnya pangkon dar tempat menaruh mesin atau tempat untuk menggantungkan body mesin tersebut, Ini juga bisa jadi penyebab motor terasa getar saat mesin hidup.

   Nah..Sebelum kita mengarah ke hal yang serius lainnya , bagian-bagian ini juga perlu kita lakukan pemeriksaan, hal tersebut dikarenakan bila baut dari pangkon mesin mengalami kendor atau kurang kencang , ini juga bisa membuat Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup,  
Perlu diketahui selain mesin yang menjadi faktor penyebab getaran pada motor ini juga bisa juga menjadi viang kerok munculnya getaran-getaran saat mesin hidup, 

Pangkon mesin


Intinya:
Apa saja yang perlu kita perhatikan saat mengalami hal-hal yang seperti di atas,  periksa dulu dari hal yang ringan dulu, sebelum kita benar-benar membawanya ke bengkel

  Kendaraan motor terasa bergetar saat mesin hidup memang itu banyak kemungkinan dari mulai hal sepele sampai hal yang serius, 

Jika dirasa pengecekan atau pemeriksaan di atas sudah dilakukan, dan motor tetap terasa ada getaran yang tidak wajar sebaiknya di bawa ke tempat orang-orang yang sudah ahlinya atau ke bengkel terdekat , agar bisa di periksa si mekanik bengkel tersebut, 

 Peterasa seperti dari dalam mesin motor kita.sebab itulah perlunya kita memeriksa sendiri dari bagian ringan, seperti pemeriksaan  yang kita lakukan di atas, 
walaupun itu bisa terjadi karena proses dari kerja mesin tersebut, yang menimbulkan efek getaran yang amat kuat,
Namun kita juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya ,

Ini membutuhkan pegangan atau pangkon" yang kuat, untuk menaruh mesin pada rangka motor tersebut
Hal yang perlu kita lakukan jika motor terasa getar adalah ,
Kita perlu cek dan periksa dulu seperti baut pada pangkon mesin tersebut bisa jadi baut pangkon mesin kondisi kendor atau keropos,

Karena jika dirasa cukup kuat dan keras, dan terus di biarkan ini akan menjadi masalah besar dan berakibat fatal, pada kendaraan motor kamu.


Jika pengecekan pada bagian-bagian yang ringan sudah dilakukan , namun motor tetap terasa bergetar kuat saat di kendarai,
Perlu kita perhatikan getaran pada motor tersebut getaran yang wajar atau tidak normal, jika benar-benar dirasakan tidak normal , ini sudah dipastikan masalah pada mesin motor tersebut,

  • Penyebab Motor Terasa Bergetar saat mesin hidup
Motor ada getaran-getaran yang kuat saat mesin hidup atau  dikendarai, ini memang bisa  terjadi di karenakan beberapa faktor atau penyebab getaran tersebut, 
  Seperti  hal yang berat getaran saat mesin hidup ini bisa saja efek dari as kruk bandul tersebut,Hal tersebut dikarenakan jika kendaraan motor mengalami getaran kuat yang berasal dari mesin yang patut di waspadai adalah dari bagian kruk as (bandul), 

  Bearing atau laker pada as kruk (bandul) jika aus dan oblak ini akan menjadi Penyebabnya bandul as kruk yang tidak seimbang dan putaran bandul kruk as yang tidak seimbang mengakibatkan oleng dan timbul getaran pada motor tersebut ,

  • Selain faktor ringan seperti yang sudah saya tulis di atas seperti, 
Pengecekan arem atau supit,
Pengecekan pangkon atau dudukan mesin ,
Penyebab yang paling berat adalah as kruk , bearing (laker) yang membuat bandul berputar tidak normal (oleng) 


Penyebab semua ini bisa dari kurangnya kita merawat kendaraan terutama di bagian mesin tersebut, seperti halnya, tidak rutin mengganti PELUMAS akhirnya bearing atau laker bandul menjadi aus atau rusak,dan harus minta di ganti,

Itulah sebabnya pentingnya kita merawat kendaraan motor terutama di bagian mesin tersebut, agar kita terhindar dari semua itu sebaiknya lakukan servis secara rutin ganti pelumas secara rutin , agar motor kita tetap dalam keadaan prima,

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi mengenai penyebab getaran pada kendaraan motor, 

Salam otodidak

Sep 9, 2021

Perawatan karburator dan fungsinya

Perawatan karburator dan fungsinya


Perawatan karburator dan fungsinya

 


Karburator pada kendaraan motor itu adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk kita perhatikan.
Agar tidak menggangu kinerja laju kendaraan motor tersebut.
terutama masalah perawatannya, rutinlah merawat karburator dengan cara membersihkannya komponen yang ada di dalam karburator tersebut,
Hal ini dikarenakan jarak dan waktu pemakaian itu bisa membuat kondisi karbu berubah dari setingan awal,
Belum lagi jika terkena kotoran debu di jalan,
Maka dari itu di anjurkan untuk rutin melakukan servis berkala di bengkel-bengkel terdekat ,
Itu jika kita ingin kendaraan kita tetap dalam kondisi normal dan prima,


Baca juga; belajar mekanik otodidak

                   Fungsi oli mesin sepeda motor
                   



Karena sebuah karburator ini merupakan komponen yang amat penting untuk di jaga kebersihannya, jika tidak ini akan menyebabkan motor menjadi boros bahan bakar ( BBM )dan akan mengakibatkan busi sering mati , hal tersebut dikarenakan pembakaran yang ada di dalam ruang bakar tidak bekerja dengan semestinya atau tidak normal, alhasil sebuah pembakaran tidak bekerja dengan semestinya dan hasil pembakaran tidak beraturan, karena efek dari kotoran yang menempel di dalam karburator, setingan pada karburator pun akan berubah-ubah.
Perlu kita ingat kembali Lebih baik menjaga dengan cara rutin melakukan perawatan dan Perawatannya sangat diperlukan untuk menjaga agar karburator tetap dalam kondisi baik tetap normal saat kita pakai,

Kenapa kita harus selalu rutin melakukan perawatan terhadap karburator, karena karburator ini sering mengalami perubahan saat kendaraan sudah mencapai berkilo-kilo meter bekerja,

belum lagi karena posisinya berada di depan dan di bawah yang rawan terkena debu , yang bisa menyebabkan tersumbatnya saluran-saluran udara maupun ventilasi yang amat kecil lainnya belum lagi jika karburator Lama pemakainya dan jarang di bersihkan, saluran-saluran ini otomatis akan menggangu fungsi yang ada dalam karburator tersebut.

Hal tersebut dikarenakan udara yang mengalir pada saluran-saluran akan menyempit dan karburator tidak akan bekerja dengan baik,

Fungsi karburator sendiri adalah bekerja sebagai pemasok bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara yang siap untuk di bakar, karena bahan bakar (bensin) akan mudah terbakar jika sudah bercampur dengan udara atau oksigen yang sudah di tentukan perbandingannya, seperti 1gram bahan bakar bensin berbanding 15gram oksigen atau udara.

Perawatan karburator bisa dilakukan dengan mendatangi bengkel terdekat di daerah kamu, namun jika kamu ingin belajar sendiri saya sarankan harus ada yang mendampinginya paling tidak tau tentang bongkar pasang karburator,


Yang harus kita lakukan adalah dengan cara membuka karburator, jangan lupa setiap kendaraan motor memiliki bentuk dan fungsi luar yang berbeda beda,

Perawatan karburator dan fungsinya
Pixabay
Mungkin ini yang kamu cari:

Ada yang memakai kran juga ada otomatis vakum, setelah karburator sudah terlepas dari manifolnya baru di lepas semua baut yang ada di mangkok nya , lepaskan semua isi yang ada di dalam karburator,

  Seperti pelampung, spuyer kecil dan spuyer besar, lakukan penyemprotan angin dari kompresor atau dengan meniup-niupnya agar kotoran yang menempel di dinding spuyer bisa keluar , semprot juga bagian-bagian lubang yang ada di rumah spuyer besar dan kecil tersebut,

   Nah Setelah semuanya dilakukan pembersihan tutup kembali mangkok atau ruang penampung bensin, pasang kembali karburator ke tempatnya manifol , jangan lupa pakai lem gasket atau lem paking, agar tidak terjadi kebocoran yang mengakibatkan sulitnya saat penyetelan .

Namun perlu di ingat jangan pernah melakukan perubahan-perubahan ukuran lubang yang ada pada spuyer besar dan kecil tersebut, dikarenakan jika tidak mengetahui perbandingan antara Dua lubang spuyer tersebut nanti justru akan membuat karburator sulit untuk dilakukan penyetelan,

Kecuali jika kita ada yang membimbingnya dari orang yang sudah memahami atau yang lebih mahir di bagian ini, seperti bengkel atau seorang mekanik,

Perawatan karburator dan fungsinya
Pixabay




Perlu diingat sebuah karburator sepeda motor ini berfungsi untuk mengatur seberapa jumlah campuran bahan bakar (bensin) dengan oksigen ( udara ) sebelum masuk dalam silinder mesin tersebut sehingga ini akan mampu menghasilkan sebuah pengabutan yang siap untuk di bakar di ruang kompresi tersebut, jadi ini harus dilakukan orang yang sudah profesional di bidangnya atau minta pendampingan jika ingin belajar sendiri,


Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi melalui tulisan πŸ“ yang mengenai perawatan karburator dan fungsinya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲


Aug 25, 2021

Honda GL 100 original dan racing klasik

Honda GL 100 original dan racing klasik 

Honda GL 100 original dan racing klasik


Honda GL 100 original dan racing klasik
tinggal sedikit lagi

Baca juga: 

Kemunculan Honda GL series yang sekarang ini sebagai motor idaman para pecintanya generasi muda yang dulunya motor GL 100 ini bermula dari berhentinya produksi Honda jenis CB Series dari pabrikannya , 

Dan kemudian lahirlah generasi baru Honda, yaitu Honda GL 100, yang mesin mengadopsi mesin saudara tuanya yaitu Honda CB. dan mengandalkan produk terbarunya yaitu Honda GL100 atau anak muda biasa bilang Honda (cepek)
Sedangkan model GL ini di pasarkan di Indonesia pada tahun 1979.

Dari semula Honda GL 100 memiliki Model awal menggunakan lampu kotak dan , lampu sein bulat, spion bulat dan rem cakram depan menggunakan seperti cakram yaitu mekanis yang masih menggunakan kabel kawat atau sentring.
namun perlu diketahui sebelum adanya generasi GL 100 ada generasi sebelumnya yaitu memiliki bentuk dan bodi hampir mirip seperti GL 100 yaitu CB K5 , CB yang berbentuk seperti GL 100ini adalah generasi terakhir dari saudara tuanya CB,
Pada awalnya GL 100 menggunakan pengapian manual yaitu sistem pengapian platina setelah mulai ramai di pasaran barulah GL 100 mengubah pengapiannya menjadi CDI.

peminat GL 100 di era modern ini begitu banyak, dan menjadikan motor GL 100 ini sebagai motor buruannya, ada yang memperbanyak koleksi motor klasiknya, ada yang di jadikan modifikasi seperti racing klasik dan saat ini Honda GL 100 yang memiliki nilai πŸ‘ tersendiri bagi para pecintanya, salah satunya dari sedulur kita ini.. yang merupakan salah satu pecinta motor klasik Honda GL 100 dan berusaha mempertahankan tampilan klasiknya , cat dan onderdil lainnya ,

Salah satu teman saya yang sudah mendapatkan buruannya yaitu Honda GL 100 dan sedikit demi sedikit tampilan klasiknya mulai terlihat dulur kita ini pertama mendapatkan sudah banyak yang tidak original dan pernah di pakai oleh anak racing, dengan kecintaannya Pada tampilan klasiknya lalu mencari satu demi satu komponen dari pasar loak untuk mendapatkan komponen-komponen yang hilang,


Honda GL 100 original dan racing klasik

walaupun belum semuanya original seperti knalpot namun memang part original bawaan sekarang ini sangatlah tidak mudah untuk mendapatkannya, tetep semangat mas untuk mempertahankan tampilan klasiknya πŸ’ͺ🀝

Selain GL 100 sebagai motor idaman para pecintanya untuk di pertahankan tampilan klasiknya di sisi lain tidak sedikit yang memburu g GL 100 untuk di modifikasi racing akan tetapi tidak menghilangkan nuansa klasiknya,



Honda GL 100 original dan racing klasik

ini adalah GL 100 yang sudah di rubah atau sudah dimodifikasi baik mesin maupun bodinya namun tetap tidak menghilangkan tampilan klasiknyaπŸ‘
racing karena dari kapasitas mesin yang sudah di upgrade menjadi tenaga yang lebih besar namun terlihat klasiknya , kebanyakan dari mereka walaupun badan mesin terlihat kecil dan standar namun isi dari mesin tersebut sudah mengadopsi dari motor-motor lainnya ,,

Honda GL 100 original dan racing klasik
Honda GL 100 original dan racing klasik


baca juga:

home


Aug 20, 2021

Busi sering mati dan cara pengecekannya

  • Busi sering mati dan cara pengecekannya


busi sering mati



Busi
  pada motor berfungsi sebagai penyala api di ruang bakar yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar yang sudah di sempurnakan dan dalam penetapan,
 Busi juga bisa untuk kalian jadikan suatu cara untuk mengetahui dalam proses penyetelan karburator sudah menemui ketepatan atau belum.
ada ciri-ciri untuk kalian jadikan sebagai patokan saat melakukan penyetelan pada motor kesayangan kamu,

dari busi kamu bisa mengenali seperti apa proses pembakaran yang ada di ruang bakar atau silinder tersebut, dan ada tiga tanda warna itulah yang akan kalian jadikan patokan dalam proses penyetelan nantinya,

Ada tiga warna bekas yang dihasilkan oleh sisa pembakaran bahan bakar tersebut jika warna dan bila Kondisi di area ujung Elektroda sebagai berikut:

1.  Bersih, kekuning-kuningan atau coklat
itu menunjukkan pembakaran sudah sempurna atau dari segi pembakaran pas penyetelan,

2.  Buram, kusam keitam-hitaman seperti arang 
itu menunjukkan pembakaran terlalu boros atau tidak tepat dalam penyetelan, hal tersebut dikarenakan tidak semua bahan bakar terbakar habis di ruang bakar,

3.  Bersih, putih kering , ini menunjukkan proses pembakarannya terlalu miskin atau irit efek dari busi seperti ini mesin mudah panas dan jika perjalanan jauh juga berisiko ngejem (ceket) 


Biasannya dari pengalaman tersebut saya dapatkan hasil patokan dari tiga warna tadi . dan membaca dari hasil pembakaran dari busi, walaupun ini bukanlah satu-satunya untuk menyelesaikan masalah pada kendaraan , akan tetapi jika kita mau telaten mencari penyebab-penyebab yang ada di kendaraan bukan tidak mungkin permasalahan akan cepat teratasi, salah satunya cara yang sering digunakan yaitu pengecatan pada bagian busi tersebut, untuk mengetahui hasil pembakaran, aba setingan terlalu irit sedang atau boros,  

 Bagi saya busi merupakan komponen terakhir pada sistem kendaraan yang berfungsi untuk memercikkan bunga api dan bertugas membakar yang sudah melalui proses pemadatan di dalam silinder, pada saat akhir langkah kompresi yang sudah ditentukan,

itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan sebuah penyetelan saat melakukan servis sendiri, 
 selain itu kita juga harus pastikan kondisi busi yang kita pasang dalam keadaan normal tidak mengalami kerusakan atu setengah mati, agar kita bisa dapatkan hasil yang maksimal,

 selain itu penyebab lainnya seperti:

Adanya suatu kebocoran Sehingga berakibat tenaga mesin yang didapat pada mesin tersebut menjadi tidak stabil, dan imbas dari kebocoran pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran menjadi tidak bisa maksimal dan sempurna. Efeknya adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam pekat.

busi berfungsi sebagai penyalur dari listrik bisa dari aki jika motor memakai sistem DC dan spul jika sistem AC, lalu menuju komponen yang bertegangan tinggi yaitu igntion coil dan melalui elektroda yang ada di dalam busi tersebut,

baca juga : sistem pengapian 

Dari sini kita belajar bagaimana mengenali kondisi busi dan beberapa penyebab busi mengalami masalah seperti diatas tadi, 
maka dari itulah perlunya kita merawat busi seperti membersihkan ujungnya dari kotoran sisa pembakaran tersebut.

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi tentang penyebab Busi sering mati dan cara pengecekannya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,