May 9, 2023

Cara membuat kunci rahasia motor sendiri

Cara membuat kunci rahasia motor sendiri   

Maraknya kasus pencurian sepeda motor (curanmor) ini membuat hati pemilik kendaraan motor was-was, apalagi sekarang ini banyak sekali maling motor yang nekat bahkan di siang bolong pun mereka sangat berani menjalankan aksinya,

Sebagai Pemilik kendaraan motor kita harus selalu waspada ,

Karena itu bisa saja menimpa pada diri kita sendiri, Hal tersebut bisa saja terjadi di tempat umum seperti di tempat parkiran, di halaman rumah kita sendiri,

maupun di tempat lainnya, kita jangan sampai lengah dan jangan sampai sembrono untuk memarkirkan kendaraan motor kita,

Cara Pasang kunci rahasia motor dengan alat tambahan 

   Maka dari itulah kita membutuh sebuah alat tambahan, untuk pengaman terhadap harta (kendaraan motor) kita, agar dapat mencegah kejahatan yang tidak kita inginkan .

Alat-alat untuk pengaman terhadap sepeda motor sebetulnya sudah banyak kita jumpai di beberapa toko yang menjual alat seperti kunci rahasia Anti maling , alaram dan sebagainya,

Cara Pasang kunci rahasia motor  sendiri.

Namun kali ini kita akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa membuat sendiri sebuah alat pengaman Anti maling yang sederhana tapi cukup ampuh untuk pengaman terhadap sepeda motor kita,

Dibawah ini adalah gambar atau skema rangkaian sederhana untuk membuat sendiri alat pengaman Anti maling motor,

Cara membuat kunci rahasia motor


  • Keterangan di atas:
  1. Aki 
  2. Saklar 
  3. Klakson
  4. Kontak

  • Kunci rahasia Anti maling untuk motor transmisi (Gigi)

Cara membuat kunci rahasia motor

  • Keterangan untuk kabel:

  1. Kabel untuk massa yang akan kita gunakan 
  2. Kabel dari saklar
  3. Kabel ke positif aki 
  4. Kabel untuk positif kontak

Nb untuk kabel no (4) bisa di pakai untuk menggantikan kabel no (3) jika susah mengambil arus positif,
Perbedaannya adalah jika mengambil arus positif dari no (3) ini kunci rahasia Anti maling  tetap posisi (on) walaupun kontak masih di posisi off.
Namun kalau bisa mengambil arus positif nya  sebelum kontak seperti no (3) karena itu lebih efektif untuk di operasikan , karena jika memakai kabel positif dari kontak seperti no (4) menunggu kontak dalam posisi on dulu,

Kunci rahasia Anti maling untuk motor transmisi:
Cara membuat kunci rahasia motor
Bahan yang digunakan adalah 

  1. Klakson 
  2. Saklar
  3. Kabel 1/2 meter


Disini kita memanfaatkan kabel dari indikator transmisi yang biasanya ada di samping sebelah kiri dekat gir depan,
Disini kamu bisa memasang Dengan menyambung kabel masa dari klakson lalu kita sambungkan atau kita satukan dengan kabel indikator 1234
Terserah kita mau memanfaatkan kabel untuk indikator nomor berapa,

Contohnya ;
Jika masa klakson kita sambungkan ke kabel untuk nomor 1, otomotif klakson akan bunyi jika gigi perseneling kita masukkan ke 1,
Jika kita sambungkan kabel ke posisi netral otomatis klakson akan berbunyi ketika Gigi di pindahkan ke posisi netral.

Saran saya ,sebaiknya kita menggunakan atau menyambungkan kabel massa klakson ke perseneling posisi netral ,

Cara mengaktifkan , 

  1. Masukkan Gigi dalam posisi masuk 1/2 jika kabel massa klakson tadi kamu sambungkan ke posisi netral
  2. Pencet tombol saklar yang sudah kamu pasang tadi ke posisi (on)

Cara selanjutnya adalah gambar untuk membuat kunci rahasia Anti maling untuk motor non transmisi (matic)
Cara membuat kunci rahasia motor sendiri
Dibawah ini kita akan membahas bagaimana caranya agar kita bisa membuat sendiri kunci rahasia Anti maling untuk motor sendiri 
Nah berhubungan kita sama-sama masih pemula atau masih belajar  kita akan belajar membuatnya sendiri dengan alat seadanya saja dan sepertinya ini sangat sederhana sekali,

Mari kita simak bersama gambar dibawah ini  bagaimana cara membuat kunci rahasia Anti maling untuk motor sendiri 
Kunci rahasia Anti maling untuk motor

Keterangan di atas sebagai berikut:

  1. Kabel untuk massa
  2. Kabel positif dari baterai/aki menuju kontak 
  3. Kabel untuk positif sesudah kontak 
  4. Kabel untuk saklar ke klakson

Untuk cara pemasangannya pun ini lebih mudah ketimbang yang di atas tadi, ini hanya memanfaatkan kabel positif dari kontak saja, untuk digunakan 

Cara kerjanya juga simpel, kita cukup  menghubungkan posisi klakson ke positif kontak dan di putus untuk pemasangan saklar  itu sangat sederhana,  dan bisa di gunakan untuk semua jenis motor,

Nb;

Usahakan pakai klakson sendiri, maksudnya tidak menggunakan klakson bawaan yang ada di motor, 

Hal tersebut dikarenakan setiap kendaraan bermotor memiliki skema rangkaian berbeda-beda, antara motor satu dan lainnya,


May 6, 2023

warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma


warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma
warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma
 

   Kiprok atau yang teman-teman sebut regulator, ini memiliki fungsi yang amat penting buat kendaraan bermotor hal tersebut dikarenakan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor bertumpu pada regulator atau kiprok Jalur Kiprok Grand Dan kharisma – Selamat malam sobat blogger otodidak,

artikel terkait; jalur kiprok yamaha

ok kali ini saya berbagi informasi terutama bagi yang sedang belajar mengenai warna kabel kendaraan bermotor , namun kali ini bukan warna dari kabel keseluruhan atau kabel body motor,

warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma

namun yang akan saya tulis yaitu mengenai warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma, kita tahu bahwa tiap merek kendaraan barmotor itu tentunya memiliki kesamaan sistemnya namun perbedaan warna dan posisi yang beda, tapi kali ini tidak membahas beberapa merek motor , namun ini satu merek yaitu sama-sama produk Honda antara motor Grand dan kharisma.

sebetulnya untuk kelistrikan di bagian ini keduanya memiliki kemiripan atau kesamaan namun ingat ya borrr , ada sedikit perbedaan antara keduanya, coba kita lihat bersama-sama gambar di bawah ini,


warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma

tampilan kiprok yang ada di kedua kendaraan tersebut




  1. kabel yang berwarna merah merupakan jalur kabel positif ke baterai atau aki dan lalu menuju ke kontak lanjut digunakan untuk keperluan komponen-komponen seperti klakson ,sein ,dll
  2. Sedangkan jalur kabel yang berwarna kuning ini berfungsi sebagai penerangan untuk lampu utama
  3. Lalu untuk jalur kiprok yang bewarna hijau ini umumnya dari motor Honda ialah Negative  
  4. yang terakhir kabel berwarna putih ini , jalur kabel ini arus pengisian dari sepul.

Mengenai jalur Grand sebagai berikut;



Mengenai jalur kharisma sebagai berikut


warna kabel jalur Kiprok Grand Dan kharisma

  1. samaa kabel yang berwarna merah merupakan jalur kabel positif ke baterai atau aki dan lalu menuju ke kontak lanjut digunakan untuk keperluan komponen-komponen seperti klakson ,sein ,dll
  2. ini bedanya ada di nomor 2 ,jalur kabel yang berwarna kuning ini berfungsi sebagai penerangan untuk lampu utama namun tidak terhubung langsung ke sepul,
  3. Lalu untuk jalur kiprok yang bewarna hijau ini umumnya dari motor Honda ialah Negative  
  4. yang terakhir kabel berwarna putih ini , jalur kabel ini arus pengisian dari sepul.

Perbedaannya hanya pada jalur kabel yang nonmor 2[dua] jadi regulaator aatau kiprok untuk kendaraab honda kharisma  yitu memiliki arus listrik dari sepul hanya satu,

sementara ini yang bisa saya informasikan untu kita peljari besama, 

Apr 30, 2023

Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

 

Halo sobat biker.. mumpung masih suasana lebaran saya ingin mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin, πŸ™

Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor


Setelah beberapa hari bersilaturahmi dengan keluarga teman tetangga dan sodara-sodara yang dari jauh, bertemu di kampung halaman, kini saatnya untuk kembali beraktivitas,


Bagi kawan-kawan yang melakukan aktivitas di luar kota bahkan ada yang diluar provinsi, tentunya akan melakukan perjalanan jarak jauh, baik itu menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua utamakan safety riding dalam berkendara,

  • Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor untuk kalian yang sedang melakukan perjalanan atau yang berencana untuk perjalanan jarak jauh, semoga ini bisa menjadi referensi untuk kalian, tentunya juga ini adalah pengalaman saya saat melakukan perjalanan mudik atau perjalan jauh.

Sebetulnya seberapa jauh tidaknya itu perjalanan memakai kendaraan apalagi khusus kendaraan roda dua bukan menjadi ukuran untuk tidak berhati hati, untuk tidak melakukan persiapan, jauh dekat perjalanan melakukan kendaraan motor sebaiknya tetap saja kita melakukan kewaspadaan dan persiapan,

Jurus yang biasa saya pakai sebelum melakukan perjalanan jauh.
Kontrol kesehatan maksudnya sebelum hari ( H )tidak melakukan hal-hal yang bisa mengakibatkan tubuh kita lelah dan di jaga kesehatan supaya besoknya tidak kecapean dijalan, karena banyak faktor kecelakaan dikarenakan kecapean ,

Yang kedua persiapkan alat-alat ringan dan jangan banyak-banyak agar tidak memberatkan bawaan anda seperti ;

  1. Kunci busi
  2. Busi serep 
  3. Obeng bolak balik ( - + )
  4. Tang
  5. Gunting
  6. kain
Sedikit Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

Selanjutnya persiapan untuk bekal perjalanan nanti , kalau saya biasanya di dalam tas udah ada kopi SASET,termos penyimpanan air panas, camilan kesukaan, satu botol plastik untuk air minum, berhubung saya perokok udah pasti tidak ketinggalan udud rokoknya πŸ™

Selanjutnya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya post tentang seputar persiapan touring atau perjalan jauh Kamu bisa mencari beberapa tips dengan membaca artikel dibawah ini;


Ok sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan tetap berhati-hati di jalan jangan ngebut jaga kesehatan di jalan dan tetap safety riding utamakan keselamatan ,

Salam hangat buat pecinta touring.

Apr 28, 2023

GL max pakai piston Tiger atau CBR

GL max pakai piston Tiger atau CBR

   Halo sobat blogger Otodidak, kali ini kita akan membahas tentang seputar modifikasi mesin motor agar tarikan lebih enteng melalui piston,

GL max pakai piston Tiger atau CBR   

Nah bagi yang sudah biasa mengotak-atik bagian ini tentunya hal yang sudah biasa, namun bagi kita yang baru belajar nah ini sangat perlu dan penting untuk diketahui,
Baik itu material apa saja yan perlu dipersiapkan untuk memodifikasi mesin GL max di bagian piston ini,

Sama halnya overseas  

GL max pakai piston Tiger atau CBR

Memodifikasi piston dengan harapan tenaga lebih besar sebetulnya hampir mirip dengan kita melakukan oversize atau memperbesar ukuran piston dari sebelumnya menjadi lebih besar pada kendaraan motor tersebut,,

Kolter 

Dan alasan kenapa dilakukan untuk memperbesar ukuran piston tersebut, tentunya banyak faktor dan alasannya, seperti piston sudah rusak yang biasanya di tandai dengan keluarnya asap putih dari knalpot, atau suaranya yang kasar ,

Maka dari itulah sebabnya mengapa kita harus melakukan overseas atau kolter untuk mengganti piston tersebut di tempat bubut,

Selanjutnya kita pakai contoh pada kendaraan motor GL max, yang semula piston nya masih bawaannya, karena dibagian ini rusak maka dilakukanlah penggantian piston tersebut di tempat bubut, dan otomatis ukuran piston tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya dari standar "0"ml ke 25-50 dan seterusnya,Hal tersebut dikarenakan agar dinding boring yang semula tergores atau longgar karena aus dari pemakaian, menjadi lebih rata agar tidak ada celah kebocoran yang menyebabkan oli mesin ikut terbakar,

Baca juga;  ukuran piston megapro dan tiger

Kita kembali ke topik utama, 

Lalu bagaimana jika kita mau mengganti piston tersebut yang semula GL max ke lebih besar lagi, karena boring bawaan GL max tersebut ada batasan akhir dari "0"hingga 100 "mili

Dan jika kita mau mengaplikasikan piston Tiger atau CBR apa yang harus kita ketahui dan apa yang harus diperlukan,

Memperbesar ukuran krengkes(kalter) 

GL max pakai piston Tiger atau CBR

Merubah ukuran di bagian ini memang harus dilakukan, Karena ukuran boring milik Tiger atau CBR lebih besar,

Dan ini membutuhkan waktu agak lama tergantung antrian bubut jika kita memakai jasa bengkel bisa lebih lama, antrian di bengkel tersebut belum lagi di tempat bubut, namun itu semua tergantung antri tidaknya kedua jasa tersebut.

Ganti boring 

Untuk merubah ukuran piston dari standar GL max ke piston Tiger atau CBR kita harus membawa silinder blok tersebut ke tempat bubut untuk mengganti rumah (boring) yang lebih besar karena jika tidak boring miliki GL max tersebut tidak muat,
Nah itu semua mungkin tidak membutuhkan biaya yang sedikit kawan,
Ada juga yang menginginkan lebih bertenaga lagi dengan merubah lainnya seperti langkah atau struk bandul,

Merubah ukuran piston dan langkah 

Ada lagi memang sengaja menginginkan mesin GL max tersebut menjadi lebih besar CC nya sekaligus lebih bertenaga dengan merubah langkah nya juga , mungkin biayanya lebih besar lagi πŸ€’

GL max pakai piston Tiger atau CBR


Jika yang semula ukuran piston standar dari Honda GL max, dan menginginkan mesin menjadi seperti Honda Tiger yang harus kita perhatikan adalah, Kamu harus merubah boring (silinder) ke yang lebih besar dan juga menambah pak aluminium setebal yang diperlukan, misalnya;

Standar Tiger stroke 62,2 mm,
Sedangkan punya GL Max 49.5 mm

itulah yang diperlukan tebal pak aluminiumnya

Atau kalau tidak mau ribet-ribet mengakali dengan pak aluminium tersebut Kamu perlu mengganti blok miliki Honda Tiger namun biaya yaang di keluarkan bertambah

Sementara ini dulu yang bisa bagikan semoga bermanfaaat untuk kita semua






Apr 27, 2023

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

 

Lampu motor adalah komponen yang sangat penting untuk penerangan saat berkendara di malam hari, namun bagaimana jika lampu di kendaraan motor kita sering mengalami putus,

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

 Baca juga:

Jalur pengisian Megapro

Persamaan kiprok Honda

Lampu motor mudah putus

apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah semacam ini??

hal yang harus kita lakukan adalah , mencari di bagian penahan arus listrik untuk lampu dulu,
Tapi sebelum melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen lainnya
Akan tetapi Sebelum kita mencoba belajar mencari tahu asal-usul penyebabnya, alangkah baiknya jika kita belajar juga memahami alur atau sistem dari kelistrikan di bagian lampu ini,
Kita ketahui bersama bahwa lampu utama kendaraa motor yang menggunakan sistem arus dari spul atau jenis AC , ini memang harus ada komponen lain untuk mengontrol arus listrik yang dihasilkan oleh spul untuk keperluan lampu utama tersebut, agar tidak mengalami over pada listrik atau arus yang berlebihan ,


Spul ac


Hal tersebut dikarenakan arus listrik yang dihasilkan dari spul akan terus bertambah daya mengikuti pada putaran magnet tersebut, dan voltase yang di hasilkan oleh spul mengikuti kecepatan dari magnet ini,
Jadi semakin bertambahnya putaran pada magnet yang ada di motor kita maka akan bertambah besar pula listrik yang mengalir dari spul ke lampu utama, Sedangkan lampu utama pada kendaraan bermotor itu juga ada batasan pada voltase nya,
Maka dari itulah diperlukan komponen yang bisa mengontrol dan menahan arus listrik yang mengalir ke lampu utama tersebut agar lampu tidak mudah putus dan arusnya tertahan , yaitu di perlukan regulator atau kiprok ,
Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulator


Nah sekarang kita coba cek di bagian ini yaitu regulator atau kiprok, jika regulator atau kiprok ini mulai lemah atau rusak otomatis lampu utama pada motor kita akan mudah putus, bahkan jika regulator (kiprok) ini rusak ini juga akan berimbas pada komponen lainnya seperti lampu-lampu indikator lampu stop ,Kesimpulannya bila lampu utama pada kendaraan bermotor ini mudah putus , ini ada masalah pada regulator atau kiprok tersebut,Namun kita juga harus memastikan bahwa tidak ada kabel-kabelnya yang mengarah ke regulator atau kiprok tidak ada yang putus, jika kabel-kabelnya di rasa aman tidak ada yang putus atau hangus (gosong) sudah bisa dipastikan regulator atau kiprok tersebut rusak, dan harus di ganti agar tidak menjalar ke komponen lainnya,Ok sementara itu dulu yang bisa kita pelajari tentang

Penyebab lampu utama motor sering putus dan fungsi regulatorSemoga bisa bermanfaat untuk kita semua,


Selamat belajar dan salam Otodidak