Aug 21, 2023

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

 

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah ?? kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand

Cara pasang kiprok grand di motor Tiger

 

Ciri Kiprok motor mulai rusak

Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai (aki)

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah


namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,


Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti diatas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,


Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami overcharging atau arus tidak beraturan .overcharge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

cara deteksi ciri ciri kiprok motor lemah



 Beberapa gejala salah satunya :
Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.

sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,



itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..
sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

Assalamu'alaikum wr . wb.


Selamat sore selamat malam minggu bagi yang punya malam mingguπŸ˜…✌πŸ™
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
Tapi ingat! jangan lupa kalo mau keluar rumah selalu pakai masker 😷 ok..
biar apa,,, biar kita tetep bisa terjaga dari yang namanya virus" Yang selama ini bikin kehidupan kita seakan akan jadi lumpuh,,, 😒😒

Ok kali ini kita akan membahas mengganti 
(CDI ac) dengan (CDI dc)


Sebelum kita menuju yang kita maksut

Tak ada salahnya kita mengetahui dulu motor(kendaraan) yang memakai CDI AC bawaan,, 

cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc

MOTOR yang memakai (CDI AC)yaitu Seperti,πŸ‘‡
Astrea star 
,Prima, 
,supra/suprax, 
,Revo lama,
,Glmax series
,Gl pro series(pro CDI) 
,Gl 200(tiger) 

Kita lihat contoh di bawah πŸ‘‡
cdi ac motor astrea grand di ganti cdi dc
cdi
Nomor , 1_ kabel warna hijau tua polos(masa)
_2, warna biru strip kuning menuju (fulser)
_3, warna hitam strip kuning mengarah (koil)
_4, kosong
_5, nah kalo ini sebaiknya di carikan kabel yang warna hitam polos saja,,
Kalo di kabel tiger ini mengarah ke spul CDI.. Yang berwarna hitam merah,,✍
_6, kosong (tak di pakai) 
 Kalian bingung rubah soketnya.. 
Sebaiknya jangan rubah soketnya biar saja pakai soket bawaan  motor tu iger itu sendiri karena soket yang nomer (1234) sebetulnya sama jalurnya tak perlu mengotak atik soketnya cuma yang kita rubah hanyalah soket yang nomor (5-6) saja 
Karena beda jenis strum itu saja πŸ‘†

Nb.. Kalo pakai CDI DC di motor tiger kalo bisa di pastikan aki ada strumnya.. Sebagai menyetabil arus biar tidak jebol CDI DC nya


KitaπŸ‘Œsruput,, kopinya dulu..☕☕biar gak panik 😁,, 
Perlu di ingat lagi biar mudah mencari strum nya buat CDI DC kita ambilkan strum dari kabel yang berwarna hitam polos saja..
kalo di belakang ada di bagian swit rem/ fleser, , .
,, 
 Kenapa saya sarankan pakai di kepunyaan neotegh/megapro,

kita ambil contoh dari motor gl 200 (tiger)


kalo mau pakai shogun juga bisa.. Asal tidak shogun 125.
biasanya kalo pakai shogun 125 itu kita harus merubah posisi plat/tonjolan yang ada di mahnit (pic up) atau sensor nya




Saya sarankan jika mau pakai CDI DC pakai kepunyaan gl neotegh/megapro/shogun 110 biar mudah dan cepat tidak terlalu nyeting pengapiannya ☕udah jelas kan,,

Kalo mas"yang sudah tau/mahir sangat mudah mengaplikasikan ini.. 
Ini bagi yang belum tau atau masih awam sangat sulit dan beresiko..πŸ‘Œ☕
Mudah mudahan yang suka otak atik sendiri,,, ini bisa sedikit membantu mencari solusi bagaimana meng aplikasikan CDI DC ke motor AC 
Yang kali ini kita  pakai contoh motor honda gl200(tiger) 

Salam satu aspal✊πŸ™ 




Aug 16, 2023

Persiapan touring bersama

 assalamualaikum wr,wb

Persiapan touring bersama


Persiapan touring bersama


touring bersama-sama

bagi yang suka berpetualang dengan kuda besinya atau touring bersama para sahabat
jangan lupa untuk melakukan persiapan dan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan saat mau berangkat atau saat berada di perjalanan nanti,,🏍️πŸ‘Œ

~~~~~~

hobi berkendara jauh bersama-sama atau dalam rangka menghadiri suatu acara atau ada tujuan kemanusiaan, ataupun hanya menikmati indahnya alam semesta ini,

Bersama pera sahabat, atau club kalian yang biasa kita bilang Touring,,nah sedang Untuk kebutuhan touring it sendiri perlu persiapan-persiapan yang matang sebelum melakukan tujuan tersebut, lalu persiapan apa saja yang tepat untuk perjalanan jarak jauh nanti,

Persiapan baik untuk diri kalian ataupun untuk kebutuhan motor saat perjalanan nanti, sehingga motor kita benar-benar siap untuk di ajak berpetualang,
Persiapan touring bersama
pengecekan

Pengecekan;

  Pertama Kita perlu melakukan pengecekan kondisi mesin motor terlebih dahulu apakah sudah benar-benar dalam kondisi sudah aman atau belum, lalu kita lanjut untuk memastikan setiap komponen-komponen lain  yang ada di motor kita benar-benar sudah aman , 

  Seperti: rem, lampu, klakson, ban, dan lainnya usahakan semua dalam kondisi siap,, agar nanti  tidak menjadi penghambat waktu di perjalanan nanti, karena kita tidak tau kondisi jalan  seperti apa yang akan kita liwati nanti,,

Alat-alat ringan;Ingat untuk berjaga-jaga jangan lupa kita juga siapkan kunci-kuncinya, seperti (T 8-10 , obeng bolak balik (-/+) pas ring 10-12-tang-kabel 1/2meter buat persiapan jaga ada trouble di bagian kelistrikan, solasi, gunting

selain itu kita harus persiapkan buat diri kita seperti jaket sarung tangan dan kaos kaki , kondisi tubuh kita juga harus benar-benar dalam keadaan fit biar di perjalanan siap menghadapi kondisi cuaca yang belum kita ketahui ,

Bekal;

  kita jagan sampai lupa bekal juga, apa saja yang perlu dibawa di tas  kita , kalau saya biasaya bawa seperti , termos buat menyiapkan air panas  bila kita ingin buat kopi ☕,kalau ada warung berhenti untuk membeli air panas buat jaga-jaga kalau istirahat mendadak dan bawa kopi yang SASET an,yang tinggal seduh itu lo gan, dan air mineral, camilan Snack,makanan ringan dll, buat jaga-jaga saat kita membutuhkan di wilayah yang jauh dari permukiman,


Persiapan touring bersama


  • Kedisiplinan;

saat kita mengendarai motor sepatutnya kita harus  mematuhi aturan-aturan berlalu lintas dan kedisiplinan saat dalam perjalanan,  prioritaskan keselamatan selama berkendara  dan tetap safety riding,,

Hindari kebut-kebutan atau apalagi ugal-ugalan mengambil jalur orang lain seenaknya, sebab seperti ini bisa menimbulkan masalah baru di tengah perjalanan nanti, bukan saja membahayakan diri kita namun juga membahayakan penggun jalan lain, karena kita sama-sama mempunyai hak menggunakan jalan yang sama,,

Tidak terpisah;

Tetap jaga jarak dengan rombongan jangan terlalu banyak bersandingan  atau kesamping,nanti bisa memenuhi atau memakan jalan. atur jarak misal nya dua-dua kebelakang seterusnya dan juga jaga jaraknya jangan terlalu jauh dari rombongan yang di belakangnya ataupun yang di depannya.

takutnya salah satu anggota kita ada  yang tertinggal atau terpisah dari rombongan yang lainnya, agar kita tidak sampai tersesat di perjalanan nantinya,

dan jangan lupa jaga perilaku kita saat di jalan umum, saling menghargai sesama pengguna jalan lainnya agar kita bisa lancar dan benar-benar  bisa menikmati keindahan alam sekitarnya dengan tetap safety riding,🀝

Beristirahat;

Usahakan beristirahat saat salah satu anggota mengalami kelelahan jangan terlalu di paksakan meski kita masih kuat kita juga lihat kondisi anggota yang lain lebih prioritas kan kebersamaan jangan sampai terpecah hanya karena beda keinginan, sebaiknya beristirahat agar semuanya dalam kondisi yang fit,πŸ’ͺ dan bisa melanjutkan perjalanan berpetualang πŸ™

~~~~~~~~

Baca juga tentang 

persiapan touring sendirian

ok,, kawan tetap safety riding , nikmatilah perjalananmu
bersama, teman-teman mu dengan aman dan lancar 🀝
wassalam wr,wb 
~~~~~~~~~

Aug 10, 2023

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui

Abm_halo sobat otodidak, ok kali ini kita akan membahas
bagaimana cara mengetahui fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kiita ketahui.
dari mulai spul kiprok hingga aki ,makadari itu, kita perlu mengetahui seperti tema sekarang ini ,
fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui dalam sistem pengapian kendaraan kamu ,

fungsi dari 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui
Dan Kita tahu bahwa sistem pengapian ini bertujuan untuk memercikkan api di ujung busi , yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar bensin di ruang bakar .

Pada saat bahan bakar yang sudah melalui proses pengabutan dan masuk keruang bakar dari sinilah terjadikan percikan bunga api pada ruang bakar dan membakar bahan bakar (BBM) yang sudah melalui pemadatan (kompresi)

Hal tersebut bisa terjadi juga karena adanya perintah dari beberapa komponen lainnya seperti pulser dan pick up, yang di olah melalui CDI tersebut.




Namun kita tidak akan membahas bagaimana kerja dai sistem pengapian tersebut secara deti,
karena kita masih dalam belajar atau pembelajaran sendiri (otodidak)😁

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui  

Nah kali ini kita akan belajar mengenali jalur-jalur sederhand dari kendaraan motor honda gl200 atau honda tiger ,dan di bawah ini akan saya bagikan skema atau gambar dari sistem atau rangkaian jalur prngapian dari kendaraan motor honda gl200 atau honda tiger ,

namun sebelum itu tidak ada salahnya bila kita belajar juga mengenai satu persatu bagian dari komponen dari sistem atau rangkaian pengapian tersebut,

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui ?

1. Spul; 


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui
 

Spul merupakan komponen yang penting komponen ini terbuat dari beberapa plat yang berlapis dan lilitan kawat tembaga ,
dan dari spul ini arus listrik di hasilkan untuk memenuhi kebutuhan listrik lainya ,seperti klakson, dan sein atau riting,





2.kiprok


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui

kiprok atau nregulator yang ada di kendaraan bermotor, ini berfungsi untuk menstabilkan listrik yang berasal dari spul sebelum menuju ke baterai [ aki.] selain itu kiprok juga berungsi sebqgai pengaman lampu utama agar tidak mudah putus,

3,Aki


fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui


Selanjutnya adalah baterai atau [Aki] Aki ini adalah sebuah komponen yang bertugas atau bekerja untuk menyimpan daya listrik yang din hasilkan dari sepul , untuk kebutuhan seperti sein, lampu dan klakson ,selain itu aki juga penting untuk kendaraan yang memiliki sistem pengapian dc, hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi arus listrik yang berlebih, yang bisa merusak komponen lainya seperti cdi dll. karena selain aki berfungsi sebagai alat penyimpanan ,aki sendiri juga menstabilkan daya yang masih kasar dari pengisian. 


4.cdi

fungsi 4 komponen kelistrikan motor yang wajib kamu ketahui


CDI atau Capasitor Discharge Ignition ini wajib ada di kendaraan sekarang atau modern karena kalau di jaman dulu kita tahu kendaraan yang belum memakai sistem cdi [ Capasitor Discharge Ignition ] ,
namun masih memakai sistem manual atau platina ,
namun dengan perkembangan jaman sistem pengapian motor mulai di rubah lebih simpel dan ringkas yaitu cdi Capasitor Discharge Ignition.


Jul 30, 2023

Efek boring terlalu tipis



Efek boring terlalu tipis 

Efek boring terlalu tipis



Halo sobat abm, 

kali ini kita akan membahas tentang apa yang terjadi bila boring atau silinder terlalu tipis, ? 

Nah banyak kasus dimana saat kita melakukan boreup tanpa memperhatikan kondisi boring yang akan kita gunakan nanti.

Efek boring terlalu tipis 


Namun menurut pengalaman sebetulnya tidak melulu soal tipis dan masih tebalnya boring , 

Namun ada yang perlu diperhatikan lagi disini saat kita akan mengadopsi piston yang lebih besar dan memakan boring terlalu banyak, dan menyisakan sedikit beberapa mili dari dinding boring tersebut, 

Bahan dari silinder itu sendiri yang perlu diperhatikan disini, 



Dari pengalaman selama ini boreup besar dan menyisakan dinding boring yang tipis aman-aman saja, bila memakai boring bawaan dari motor tersebut, 

Namun pengalaman lainnya boring bisa pecah dan yang kerap menjadi pemikiran disini adalah , sisa dari boring tersebut justru masih menyisakan lebih tebal dari boring original bawaan dari motor tersebut, 

Bahan boring;


Dibawah ini ada dua boring original dan kW (imitasi) 

Efek boring terlalu tipis


Dari sini kita sudah bisa menyimpulkan pengaruh bahan dasar boring yang menjadi biang permasalahannya, 

Saran saya bila ingin mengaplikasikan piston yang gede-gede ganti boring yang bawaan motor , namun masalahnya disini adalah, piston yang akan kita pakai itu melebihi diameter luar dari boring bawaan pabrik tersebut, 

Solusinya Jika kita akan memperbesar ukuran piston yang melebihi rumahnya atau boring itu, usahakan kita mengganti linear nya saja.

Kita bawa ke bengkel bubut dan minta ganti boring yang lebih besar atau lebih tebal , 

Tujuannya agar suatu saat bila kita mengganti piston tidak mudah habis dan juga ketebalan dari dinding yang disisakan masih kuat, 

Hal tersebut dikarenakan ketika boring atau silinder yang sudah terlalu tipis itu akan muai dan berubah bentuk disaat kondisi panas akibat motor di geber. 



Namun ada banyak pilihan bila ingin boring dan sudah banyak di pasaran , jadi kita tidak perlu bingung-bingung mencari silinder atau boring yang kwalitasnya sama dengan yang original atau aslinya, 



Ok sementara itu dulu ya dulur semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,🀲