May 29, 2024

fungsi cdi dan pulser pada motor

fungsi cdi dan pulser pada motor


fungsi cdi dan pulser pada motor

kita tahu CDI atau (Capacitor Discharge Ignition) yang ada pada kendaraan bermotor adalah salah satu dari rangkaian sistem pengapian yang digunakan pada kendaraan bermotor. cdi sendiri bekerja untuk menyimpan dan mengatur waktu, lalu berlanjut melepaskan energi tersebut untuk di teruskan ke koil dan  busi agar lonjakan tegangan dan menghasilkan percikan yang menyebabkan terjadinya pembakaran di ruang bakar atau kompresi,

fungsi cdi dan pulser pada motor atau cdi sendiri juga mendapat perintah waktu pelepasan energi dar komponen lainya yaitu pulser dan tonjolan pada badan magnet ,

kerja dari pulser ini Ketika ujung puler ini bertemu dengan tonjolan pada magnet tersebut maka ini akn mengirim perintah pada cdi dan di teruskan seperti di atas tadi, 



itulah sedikit info mengenai fungsi cdi dan pulser pada motor selamat belajar,, semoga bermanfaat

May 16, 2024

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama

 Assalamualaikum wr,wb,

Di era sekarang ini banyak kendaraan keluaran baru dengan lampu yang sudah pakai jenis LED langsung dari pabrikannya,, tapi jika motor kita keluaran lama yang belum memakai lampu jenis LED bisa gak di pakai lampu yang seperti ini?

Pasang lampu LED  di motor lama 

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama

 

Sebetulnya jika motor di kasih lampu jenis LED itu akan lebih irit setrum sih, tapi yang jadi persoalan disini adalah banyak yang belum tau jika lampu jenis ini tidak sama arusnya dengan lampu yang masih memakai arus langsung dari sepul yang di tahan oleh regulator atau kiprok?


Caca pasang lampu LED di motor lama

baca

Disini Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja ,jika ada yang ingin memakai lampu jenis LED ini , karena seringnya saya dengar dari teman ataupun orang-orang yang bilang kalau motornya di kasih lampu LED langsung putus atau tidak bertahan lama, adalagi yang bilang saat di gas di RPM putaran tinggi langsung putus ,
sebelum kita mengaplikasikan lampu jenis LED ini coba kita mengenal perbedaan arus lampu yang memakai LED dan yang Belum atau masih lampu balon,


lampu jenis ac bersumber
dari sepul




Lampu ini jenis AC yang bersumber dari sepul yang di tahan oleh regulator arus nya di stabilkan oleh regulator (kiprok) sebagai penahan lampu agar tidak putus jadi lampu jenis ini tergantung kondisi regulator (kiprok) normal atau tidaknya,, kalau regulator mengalami ketidakstabilan otomatis lampu akan mengalami tekanan lebih dan berakhir putus ,

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama


Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama



Sedangkan lampu jenis DC ini yang bersumber dari pengisian dan lampu ini lebih stabil karena menggunakan arus DC dari baterai (aki)arusnya lebih stabil dan tidak pengaruh dengan irama RPM , akan tetapi ini juga ada kelemahannya kalau baterai tidak normal atau mengalami tekor akan berimbas pada lampu ini,strum yang di pakai menjadi lebih kasar sedang lampu LED terbuat dari rangkaian elektro, otomatis lampu akan mengalami kerusakan, meski tidak secara langsung, sebaiknya jika baterai (aki) sudah soak atau tekor cepat ganti agar tidak menjalar ke lampu LED nya,


berlanjut ke cara memasang lampu jenis LED ke motor lama perhatikan gambar di bawah ini πŸ‘‡


Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama



  • jalur asli dari pabrikan untuk motor lama

motor lama kita cukup merubah di bagian yang di lingkari ,
gambar skema yang pertama menunjukkan masih menggunakan jalur AC dari sepul lampu ,
dan gambar skema kedua yang sudah dirubah jalurnya menjadi DC
sementara ini yang bisa saya bagikan semoga bisa membantu yang ingi mengaplikasikan lampu
Kita perhatikan kedua gambar di atas bagian yang harus di rubah ketika kita memakai lampu LED di LED ke Motor lama
ingat ya kalau bisa akinya masih sehat (normal) biar hasilnya juga bagus ,,
Ok saya kasih tau arti kabel warna hitam yang di maksud jalur dc tersebut karena memang setiap merek kendaraan berbeda-beda warnanya,

  • HONDA -warna hitam polos
  • SUZUKI-warna orange polos
  • YAMAHA -warna soklat polos
  • KAWASAKI- warna abu-abu

 Itulah cara pasang lampu LED di Motor yang memakai arus AC dan pasang lampu led di motor ac lainnya 

semoga ada manfaatnya 🀝

~~~~~~¥¥¥~~~~                   menu utama

wassalamualai

May 13, 2024

Skema jalur kiprok honda tiger



 Skema jalur kiprok honda tiger  kelistrikan yang ada di kendaraan motor itu memang sangat membantu dalam hal belajar ,
belajardengan gambarskema kelistrikan honda tiger karena dengan adanya skema atau gambar rangkaian tersebut menurut saya bisa mempermuda saat kita mencari dan mennyelesaikan masalah pada kelistrikan yang ada pada kendaraan motor, 

selain itu dengan adanya gambar rangkaian tersebut membuat kerja pun menjadi lebih cepat, dengan gambar atau skema tersebut kita hanya melihat jlur manakah yang perlu kita tangani,
di bawah ini saya membuat skema sederhana yang saya buat melalui hp seadanya heeee,,, jika minat ingin melihat bisa kamu klik link di bwah ini

skema kelistrikan yang ada di kendaraan motor itu memang sangan membantu dalam hal belajar ,

Belajar bikin diagram pin kiprok Megapro

Skema jalur kiprok honda tiger


Skema jalur kiprok honda tiger



May 11, 2024

CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK

Bismillahirrahmanirrahim..


CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK


Selamat sore , malam', pagi di lokasi kamu πŸ˜πŸ™mumpung lagi santai di sore-sore gini saya akan menulis tentang belajar mengenal yang biasa orang-orang sebut mesin empat tak atau empat (4) langkah ..berikut ini adalah contoh dari cara kerja mesin kendaraan motor empat (4) tak yang Kita ketahui bersama bahwa kendaraa motor itu memiliki cara kerja yang terdapat di mesin mesinnya ,
Sedangkan kendaraa motor sendiri itu memiliki dua jenis cara kerja atau sistem operasi pada mesin kendaraan tersebut,

CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK
Pertama kendaraan motor yang memiliki cara kerja atau sistem dua langkah kerja, yang biasa disebut dua (2) takSedangkan untuk motor satunya lagi adalah motor yang mesinnya memiliki cara kerja atau sistem empat (4) langkah kerja,
Perlu diketahui bahwa mesin kendaraan bermotor ini agar bisa bekerja dan bisa menjalankan motor perlu adanya suatu proses pada mesin kendaraan motor tersebut,
Seperti motor dengan bahan bakar BBM ,



Ini juga memerlukan proses pada mesin kendaraan motor tersebut, Salah satu contoh seperti,
Proses terjadinya tenaga.Adanya proses Menghisap bahan bakar (campuran bensindengan udara)lalu masuk kedalam ruang bakar atau biasa disebut ruang kompresiLalu di proses seperti adanya tekanan pada gas campuran bensin dan udara tadi , agar menghasilkan tenaga panas pada ruang kompresi tersebut bSetelah itu adanya pembakaran dan menghasilkan suatu pergerakan pada piston dan memutar pada kruk as (bandul)Selanjutnya adalah sistem pembuangan pada sisa pembakaran pada campuran gas dan udara

Dibawah ini adalah contoh dari gambaran tentang proses cara kerja mesin empat (4) tak,

Cara kerja mesin empat tak

Menurut angka peda gambar di atas sebagai berikut;

  1. Proses langkah penghisapan
  2. Proses langkah kompresi (pemadatan)
  3. Proses Langkah kerja
  4. Proses langkah pembuangan sisa pembakaran

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 


May 9, 2024

cara setting sederhana platina

cara setting sederhana platina


cara setting sederhana platina
pixabay


bagaimana cara menyetel pengapian jenis platina ,

untuk yang generasi sekarang kata platina di kendaraan bermotor memang sangat langka dan jarang sekali di bicarakan, karena memang cara setting sederhana platina kendaraan yang menggunakan sistem platina memang sudah tidak berproduksi lagi, namun tidak sedikit di antara kita masih banyak penggemar atau yang fanatik dengan motor jenis satu ini yaitu sistem platina.

Artikel terkait: 

platina sendiri adalah kendaraan yang masih menggunakan sistem pengapian manual , cara kerja dari platina ini adalah ,
suatu alat yang mirip dengan sebuah saklar listrik. Keduanya sama-sama dapat memutus arus listrik dari sumber listrik yaitu spul, jadi prinsip nya sama, yaitu platina maupun saklar sama-sama sebagai alat pemutusan juga penghubungan ,

di era sekarang ini kita sudah jarang temui kendaraan yang memiliki sistem pengapiannya seperti ini, namun kenapa sekarang kendaraan memakai sistem CDI, hal tersebut dikarenakan CDI lebih efisien simpel dan CDI juga tidak perlu menyetel ini itu, karena lebih praktis dan sistem pengapiannya sudah di atur oleh elektrik

namun bagi mereka yang masih fanatik terhadap kendaraan yang memiliki sistem pengapian manual atau platina ini harus bisa memahami paling tidak sedikit mengetahui bagaimana cara menyetel platina tersebut,

karena buat kita yang suka dengan sistem pengapian manual ini kita pasti tau kalau pengapian ini sering berubah ubah sendiri, hal tersebut dikarenakan posisi platina tersebut menggunakan bahan skrup untuk menguncinya , sedangkan posisi seperti ini akan berubah bila mana kendaraan melewati jalan yang agak terjal atau jalan yang rusak,

namun bagi mereka yang sudah mahir dan sudah terbiasa ini hanyalah hal yang biasa tidak menjadi kendala buat yang lama menggelutinya, namun bagi mereka yang baru mengenal ini sangat kuaalahan.

sedikit akan saya informasikan bagaimana bila tiba-tiba platina di kendaraan kita rubah posisinya, atau bisa dikatakan perlu penyetelan.

untuk kamu yang baru mengenal platina tenang aja sebetulnya bila kamu mengetahui prinsipnya atau tau cara kerjanya kamu akan mudah melakukan penyetelan sendiri,
cara setting sederhana platina




untuk memulai penyetelan persiapan obeng dan bila perlu siapkan juga kunci T bila bautnya sudah di ganti .

(a) pertama putar rotor atau generator magnet dan lihatlah tonjolan yang ada di as kruk yang menekan fiber platina ,

(b) cari tonjolan yang paling tertinggi agar platina tidak terhubung, nah dari sini kamu bisa ukur jarak paling lebar , kalau memakai fuler biasanya antara 0,30 ke 0,40
namun dari sini kamu bisa menyiasatinya lebih kurang dari 0,30 namun jika terlalu mepet biasanya busi minta di buat lebih renggang,

cara setting sederhana platina


  (c) perlu diketahui pengapian jenis manual ini kalau bisa sering di bersihkan agar pengapian yang dihasilkan bisa lebih maksimal, intinya kedua permukaan platina tersebut harus sama-sama bersih dan rata tidak miring.


sementara ini yang bisa saya sampaikan mengenai cara setting sederhana platina semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
selamat mencoba dan selamat otodidak