May 16, 2024

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama

 Assalamualaikum wr,wb,

Di era sekarang ini banyak kendaraan keluaran baru dengan lampu yang sudah pakai jenis LED langsung dari pabrikannya,, tapi jika motor kita keluaran lama yang belum memakai lampu jenis LED bisa gak di pakai lampu yang seperti ini?

Pasang lampu LED  di motor lama 

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama

 

Sebetulnya jika motor di kasih lampu jenis LED itu akan lebih irit setrum sih, tapi yang jadi persoalan disini adalah banyak yang belum tau jika lampu jenis ini tidak sama arusnya dengan lampu yang masih memakai arus langsung dari sepul yang di tahan oleh regulator atau kiprok?


Caca pasang lampu LED di motor lama

baca

Disini Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja ,jika ada yang ingin memakai lampu jenis LED ini , karena seringnya saya dengar dari teman ataupun orang-orang yang bilang kalau motornya di kasih lampu LED langsung putus atau tidak bertahan lama, adalagi yang bilang saat di gas di RPM putaran tinggi langsung putus ,
sebelum kita mengaplikasikan lampu jenis LED ini coba kita mengenal perbedaan arus lampu yang memakai LED dan yang Belum atau masih lampu balon,


lampu jenis ac bersumber
dari sepul




Lampu ini jenis AC yang bersumber dari sepul yang di tahan oleh regulator arus nya di stabilkan oleh regulator (kiprok) sebagai penahan lampu agar tidak putus jadi lampu jenis ini tergantung kondisi regulator (kiprok) normal atau tidaknya,, kalau regulator mengalami ketidakstabilan otomatis lampu akan mengalami tekanan lebih dan berakhir putus ,

Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama


Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama



Sedangkan lampu jenis DC ini yang bersumber dari pengisian dan lampu ini lebih stabil karena menggunakan arus DC dari baterai (aki)arusnya lebih stabil dan tidak pengaruh dengan irama RPM , akan tetapi ini juga ada kelemahannya kalau baterai tidak normal atau mengalami tekor akan berimbas pada lampu ini,strum yang di pakai menjadi lebih kasar sedang lampu LED terbuat dari rangkaian elektro, otomatis lampu akan mengalami kerusakan, meski tidak secara langsung, sebaiknya jika baterai (aki) sudah soak atau tekor cepat ganti agar tidak menjalar ke lampu LED nya,


berlanjut ke cara memasang lampu jenis LED ke motor lama perhatikan gambar di bawah ini 👇


Caca pasang lampu LED di sepeda motor lama



  • jalur asli dari pabrikan untuk motor lama

motor lama kita cukup merubah di bagian yang di lingkari ,
gambar skema yang pertama menunjukkan masih menggunakan jalur AC dari sepul lampu ,
dan gambar skema kedua yang sudah dirubah jalurnya menjadi DC
sementara ini yang bisa saya bagikan semoga bisa membantu yang ingi mengaplikasikan lampu
Kita perhatikan kedua gambar di atas bagian yang harus di rubah ketika kita memakai lampu LED di LED ke Motor lama
ingat ya kalau bisa akinya masih sehat (normal) biar hasilnya juga bagus ,,
Ok saya kasih tau arti kabel warna hitam yang di maksud jalur dc tersebut karena memang setiap merek kendaraan berbeda-beda warnanya,

  • HONDA -warna hitam polos
  • SUZUKI-warna orange polos
  • YAMAHA -warna soklat polos
  • KAWASAKI- warna abu-abu

 Itulah cara pasang lampu LED di Motor yang memakai arus AC dan pasang lampu led di motor ac lainnya 

semoga ada manfaatnya 🤝

~~~~~~¥¥¥~~~~                   menu utama

wassalamualai

May 13, 2024

Skema jalur kiprok honda tiger



 Skema jalur kiprok honda tiger  kelistrikan yang ada di kendaraan motor itu memang sangat membantu dalam hal belajar ,
belajardengan gambarskema kelistrikan honda tiger karena dengan adanya skema atau gambar rangkaian tersebut menurut saya bisa mempermuda saat kita mencari dan mennyelesaikan masalah pada kelistrikan yang ada pada kendaraan motor, 

selain itu dengan adanya gambar rangkaian tersebut membuat kerja pun menjadi lebih cepat, dengan gambar atau skema tersebut kita hanya melihat jlur manakah yang perlu kita tangani,
di bawah ini saya membuat skema sederhana yang saya buat melalui hp seadanya heeee,,, jika minat ingin melihat bisa kamu klik link di bwah ini

skema kelistrikan yang ada di kendaraan motor itu memang sangan membantu dalam hal belajar ,

Belajar bikin diagram pin kiprok Megapro

Skema jalur kiprok honda tiger


Skema jalur kiprok honda tiger



May 11, 2024

CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK

Bismillahirrahmanirrahim..


CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK


Selamat sore , malam', pagi di lokasi kamu 😁🙏mumpung lagi santai di sore-sore gini saya akan menulis tentang belajar mengenal yang biasa orang-orang sebut mesin empat tak atau empat (4) langkah ..berikut ini adalah contoh dari cara kerja mesin kendaraan motor empat (4) tak yang Kita ketahui bersama bahwa kendaraa motor itu memiliki cara kerja yang terdapat di mesin mesinnya ,
Sedangkan kendaraa motor sendiri itu memiliki dua jenis cara kerja atau sistem operasi pada mesin kendaraan tersebut,

CARA KERJA MESIN EMPAT 4 TAK
Pertama kendaraan motor yang memiliki cara kerja atau sistem dua langkah kerja, yang biasa disebut dua (2) takSedangkan untuk motor satunya lagi adalah motor yang mesinnya memiliki cara kerja atau sistem empat (4) langkah kerja,
Perlu diketahui bahwa mesin kendaraan bermotor ini agar bisa bekerja dan bisa menjalankan motor perlu adanya suatu proses pada mesin kendaraan motor tersebut,
Seperti motor dengan bahan bakar BBM ,



Ini juga memerlukan proses pada mesin kendaraan motor tersebut, Salah satu contoh seperti,
Proses terjadinya tenaga.Adanya proses Menghisap bahan bakar (campuran bensindengan udara)lalu masuk kedalam ruang bakar atau biasa disebut ruang kompresiLalu di proses seperti adanya tekanan pada gas campuran bensin dan udara tadi , agar menghasilkan tenaga panas pada ruang kompresi tersebut bSetelah itu adanya pembakaran dan menghasilkan suatu pergerakan pada piston dan memutar pada kruk as (bandul)Selanjutnya adalah sistem pembuangan pada sisa pembakaran pada campuran gas dan udara

Dibawah ini adalah contoh dari gambaran tentang proses cara kerja mesin empat (4) tak,

Cara kerja mesin empat tak

Menurut angka peda gambar di atas sebagai berikut;

  1. Proses langkah penghisapan
  2. Proses langkah kompresi (pemadatan)
  3. Proses Langkah kerja
  4. Proses langkah pembuangan sisa pembakaran

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 


May 9, 2024

cara setting sederhana platina

cara setting sederhana platina


cara setting sederhana platina
pixabay


bagaimana cara menyetel pengapian jenis platina ,

untuk yang generasi sekarang kata platina di kendaraan bermotor memang sangat langka dan jarang sekali di bicarakan, karena memang cara setting sederhana platina kendaraan yang menggunakan sistem platina memang sudah tidak berproduksi lagi, namun tidak sedikit di antara kita masih banyak penggemar atau yang fanatik dengan motor jenis satu ini yaitu sistem platina.

Artikel terkait: 

platina sendiri adalah kendaraan yang masih menggunakan sistem pengapian manual , cara kerja dari platina ini adalah ,
suatu alat yang mirip dengan sebuah saklar listrik. Keduanya sama-sama dapat memutus arus listrik dari sumber listrik yaitu spul, jadi prinsip nya sama, yaitu platina maupun saklar sama-sama sebagai alat pemutusan juga penghubungan ,

di era sekarang ini kita sudah jarang temui kendaraan yang memiliki sistem pengapiannya seperti ini, namun kenapa sekarang kendaraan memakai sistem CDI, hal tersebut dikarenakan CDI lebih efisien simpel dan CDI juga tidak perlu menyetel ini itu, karena lebih praktis dan sistem pengapiannya sudah di atur oleh elektrik

namun bagi mereka yang masih fanatik terhadap kendaraan yang memiliki sistem pengapian manual atau platina ini harus bisa memahami paling tidak sedikit mengetahui bagaimana cara menyetel platina tersebut,

karena buat kita yang suka dengan sistem pengapian manual ini kita pasti tau kalau pengapian ini sering berubah ubah sendiri, hal tersebut dikarenakan posisi platina tersebut menggunakan bahan skrup untuk menguncinya , sedangkan posisi seperti ini akan berubah bila mana kendaraan melewati jalan yang agak terjal atau jalan yang rusak,

namun bagi mereka yang sudah mahir dan sudah terbiasa ini hanyalah hal yang biasa tidak menjadi kendala buat yang lama menggelutinya, namun bagi mereka yang baru mengenal ini sangat kuaalahan.

sedikit akan saya informasikan bagaimana bila tiba-tiba platina di kendaraan kita rubah posisinya, atau bisa dikatakan perlu penyetelan.

untuk kamu yang baru mengenal platina tenang aja sebetulnya bila kamu mengetahui prinsipnya atau tau cara kerjanya kamu akan mudah melakukan penyetelan sendiri,
cara setting sederhana platina




untuk memulai penyetelan persiapan obeng dan bila perlu siapkan juga kunci T bila bautnya sudah di ganti .

(a) pertama putar rotor atau generator magnet dan lihatlah tonjolan yang ada di as kruk yang menekan fiber platina ,

(b) cari tonjolan yang paling tertinggi agar platina tidak terhubung, nah dari sini kamu bisa ukur jarak paling lebar , kalau memakai fuler biasanya antara 0,30 ke 0,40
namun dari sini kamu bisa menyiasatinya lebih kurang dari 0,30 namun jika terlalu mepet biasanya busi minta di buat lebih renggang,

cara setting sederhana platina


  (c) perlu diketahui pengapian jenis manual ini kalau bisa sering di bersihkan agar pengapian yang dihasilkan bisa lebih maksimal, intinya kedua permukaan platina tersebut harus sama-sama bersih dan rata tidak miring.


sementara ini yang bisa saya sampaikan mengenai cara setting sederhana platina semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
selamat mencoba dan selamat otodidak






May 5, 2024

jalur pengisian Megapro

persamaan kiprok dari motor Honda Megapro juga motor Honda Tiger


jalur pengisian Megapro

Abm _Kiprok adalah komponen yang berfungsi untuk meregulasi arus untuk pengisian yang bersumber dari spul yang semula bekerja secara otomatis mengikuti putaran magnet atau rotor, jadi semakin cepat putaran pada magnet, semakin tinggi pula tegangan yang dihasilkan,
Oleh sebab itulah regulator sangat penting peranannya, selain untuk menstabilkan juga untuk merubah yang semula yang di hasilkan arus bolak-balik setelah adanya regulator (kiprok) menjadi penye arah,
Lalu jika tidak adanya kiprok di kendaraan motor kita, otomatis komponen-komponen kelistrikan akan cepat rusak,

jalur pengisian Megapro
Hal tersebut dikarenakan, tegangan yang dihasilkan dari spul itu masih besar dan
Kalau tegangan yang besar ini dihubungkan ke komponen kelistrikan kendaraan, resikonya akan fatal, dikarenakan tegangan di luar kapasitasnya,

Oleh sebab itulah regulator (Kiprok) dipakai biar tidak terjadi overcharge pada setiap komponen yang ada di kendaraan kita, seperti yang sudah pernah saya post mengenai fungsi jalur kiprok
Berikut adalah gambar atau skema dari kiprok Megapro juga Honda Tiger
Jalur Kiprok Megapro👇Baca juga skema rangkaian jalur pengapian AC- DC
Jalur kiprok Honda Tiger👇 


jalur pengisian Megapro

Jalur Kiprok Honda all series yang sudah di modifikasi untuk motor Megapro juga Honda Tiger👇

jalur pengisian Megapro
Kiprok grand- GL max 

Yang terakhir bila motor kita itu jenis Megapro atau Honda Tiger, kita bisa memakai kiprok dari Astra grand atau Honda GL MAX, dengan cara seperti gambar di atas ini,
Itulah sedikit gambaran untuk mengenal jalur dan fungsi juga mengaplikasikan Kiprok lain

Semoga bisa bermanfaat
Salam otodidak 🤝

May 2, 2024

Pin soket cdi Suzuki satria 120R



Fungsi CDI yang da pada kendaraan motor ini sangat penting di perhatikan, sistem akan bekerja dengan maksimal jika komponen satu ini ,CDI, juka dalm kondisi normal ,
normal dalam arti cdi tersebut konisi masih baik,yang kedua, jalur-jalur yang tidak ada salah pada cdi tersebut,
berikut adalah gambar pin soket cdi Suzuki satria 120R
dan letak di sekitar CDI cdi Suzuki satria 120R


Pin soket cdi Suzuki satria 120R

Suzuki Satria 120R

1. 12 Volt
2. Nol
3. Pulser
4. Massa
5. Massa
6. Koil

Apr 29, 2024

Kenali Penyebab busi motor sering mati

Kenali Penyebab busi motor sering mati 


Busi motor yang berfungsi sebagai penyala api untuk membakar di ruang bakar (silinder) yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar yang sudah di sempurnakan oleh dengan penyampuran antara bensin dan udara di karburator , Dari Busi ini juga bisa kamu jadikan patokan untuk mengetahui sudah sempurna atau belum.

Kenali Penyebab busi motor sering mati 
Dan juga kamu jadikan cara untuk mengetahui proses penyetelan karburator sudah menemui ketepatan atau belum.untuk melihat Ketepatan pada ciri-ciri ujung busi, untuk kalian jadikan sebagai patokan saat melakukan penyetelan karburator atau klep,
dari busi kamu bisa mengenali seperti apa proses pembakaran yang ada di ruang bakar atau silinder tersebut, dan ada tiga tanda warna itulah yang akan kalian jadikan patokan dalam proses penyetelan nantinya,dan mengetahui apa
Penyebab busi motor sering mati

  • Ada tiga warna bekas yang dihasilkan oleh sisa pembakaran bahan bakar tersebut jika warna dan bila Kondisi di area ujung Elektroda sebagai berikut:

1. Bersih, kekuning-kuningan atau coklat
itu menunjukkan pembakaran sudah sempurna atau dari segi pembakaran pas penyetelan,


2. Buram, kusam keitam-hitaman seperti arang
itu menunjukkan pembakaran terlalu boros atau tidak tepat dalam penyetelan, hal tersebut dikarenakan tidak semua bahan bakar terbakar habis di ruang bakar,


3. Bersih, putih kering , ini menunjukkan proses pembakarannya terlalu miskin atau irit efek dari busi seperti ini mesin mudah panas dan jika perjalanan jauh juga berisiko ngejem (ceket)

Biasannya dari pengalaman tersebut saya dapatkan hasil patokan dari tiga warna tadi . dan membaca dari hasil pembakaran dari busi, walaupun ini bukanlah satu-satunya untuk menyelesaikan masalah pada kendaraan , akan tetapi jika kita mau telaten mencari penyebab-penyebab yang ada di kendaraan bukan tidak mungkin permasalahan akan cepat teratasi, salah satunya cara yang sering digunakan yaitu pengecatan pada bagian busi tersebut, untuk mengetahui hasil pembakaran, aba setingan terlalu irit sedang atau boros,

Bagi saya busi merupakan komponen terakhir pada sistem kendaraan yang berfungsi untuk memercikkan bunga api dan bertugas membakar yang sudah melalui proses pemadatan di dalam silinder, pada saat akhir langkah kompresi yang sudah ditentukan,

itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan sebuah penyetelan saat melakukan servis sendiri,
selain itu kita juga harus pastikan kondisi busi yang kita pasang dalam keadaan normal tidak mengalami kerusakan atu setengah mati, agar kita bisa dapatkan hasil yang maksimal,

 selain itu penyebab lainnya seperti:

Adanya suatu kebocoran Sehingga berakibat tenaga mesin yang didapat pada mesin tersebut menjadi tidak stabil, dan imbas dari kebocoran pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran menjadi tidak bisa maksimal dan sempurna. Efeknya adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam pekat.

busi berfungsi sebagai penyalur dari listrik bisa dari aki jika motor memakai sistem DC dan spul jika sistem AC, lalu menuju komponen yang bertegangan tinggi yaitu igntion coil dan melalui elektroda yang ada di dalam busi tersebut,


baca juga : sistem pengapian 

Kenali Penyebab busi motor sering mati
busi motor
Dari sini kita belajar bagaimana mengenali kondisi busi dan beberapa penyebab busi mengalami masalah seperti diatas tadi,
maka dari itulah perlunya kita merawat busi seperti membersihkan ujungnya dari kotoran sisa pembakaran tersebut.

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi tentang penyebab Busi sering mati dan cara pengecekannya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,

Apr 23, 2024

Kelas kontes di acara cb

Kelas kontes di acara cb
Kelas kontes di acara cb 

Ada beberapa peserta kontes cb yang sering minat mengikutkan si kuda besinya di ajang lomba yang di adakan oleh penyelenggara event, ini merupakan kegiatan positif terutama bgi anak-anak muda untuk melatih dan mengasah kemampuan di bidang otomotif untuk ber kreativitas, dan positifnya di sini kita juga mendapatkan nasehat-nasehat untuk menjadi pelopor pengguna jalan yang baik, dan juga harus mentaati tertip berlalu lintas, 

maka dari itulah syarat kelangkapan seperti surat-surat menjadi penilaian bagi panitia , 

 dan juga motor cb yang akan di ikutkan atau baru mengikuti kontes jangan sampai lupa ya dari segi keamanan ( safety riding )juga menjadi syarat kelolosan untuk mengikuti kontes, 

jadi bukan saja bagaimana konsep yang di dapat seperti apa namun juga segi keamanan safety riding di butuhkan untuk penilaian nantinya,

selain itu acara cb juga yang kita taahu identik dengan pembagian bansos atau santunan anak yatim dan lain sebagainya , di sini sebetulnya kit belajar bagaimana kita harus memikirkan sodara-sodara kita yang kurang mampu  secara tdak langsung kita di ajarkan untuk selalu berbagi ke sesama,

maaf  ya looorrr,,, jadi kemana-mana kn kita sesama harus saling mengingatkan ,,  


Ada beberapa Kelas kontes di acara cb yang sering di siapkan untuk peserta seperti;
Kelas kontes:
- CB Original
- CB Modif Original Karat
- CB Karat Fashion
- CB Standart Touring
- CB Racing Touring
- CB Kelas untuk plat Lokal dll   

event-event seperti ini yang rutin di agendakan oleh pecinta modifikasi, selain untuk mempererat tali Silahturahmi, mempertemukan sesama pecinta otomotif dalam hal ini khusus motur klasik (motor tua ) model atau jenis apa saja sih motor Honda CB yang sering kita temui dan yang ada di Indonesia ;

  • CB 100 keluaran 1972 sampai dengan 1982. yaitu seperti CB 100 K0 yang diproduksi pada tahun (1970-1971),
  • CB 100 K1 (1971)
  • CB 100 K2 atau biasa kita sebut dengan sebutan Cb Gelatik (1972-1975)
  • CB100 K3 (1976-1981), dan CB 100 K5 (1980-1982)  
kalau aku,kamu kalian dan kita sama-sama  pecinta motor tua jenis cb yang kebetulan mengaku bagian dari organisasi yang memiliki wadah sendiri yang selayaknya kita juga ikut berkontribusi dan ikut menjaga nama baik yng kita ikuti , baik itu di jalan-jalan maupun di lingkungan masyarakat,  

wesa ngeneae lor ingat kita harus menjaga apa yang sudah beliau-beliaau perjuangkan hingga bisa sebesar ini, ingat lor,,, kalau tidak bisa berkontribusi atau Kalau kita tidak bisa jadi orang baik setidaknya jangan membuat buruk imej semua yang tidak tau menau okeee
salam nyebeee,,