Sep 9, 2021

Perawatan karburator dan fungsinya

Perawatan karburator dan fungsinya


Perawatan karburator dan fungsinya

 


Karburator pada kendaraan motor itu adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk kita perhatikan.
Agar tidak menggangu kinerja laju kendaraan motor tersebut.
terutama masalah perawatannya, rutinlah merawat karburator dengan cara membersihkannya komponen yang ada di dalam karburator tersebut,
Hal ini dikarenakan jarak dan waktu pemakaian itu bisa membuat kondisi karbu berubah dari setingan awal,
Belum lagi jika terkena kotoran debu di jalan,
Maka dari itu di anjurkan untuk rutin melakukan servis berkala di bengkel-bengkel terdekat ,
Itu jika kita ingin kendaraan kita tetap dalam kondisi normal dan prima,


Baca juga; belajar mekanik otodidak

                   Fungsi oli mesin sepeda motor
                   



Karena sebuah karburator ini merupakan komponen yang amat penting untuk di jaga kebersihannya, jika tidak ini akan menyebabkan motor menjadi boros bahan bakar ( BBM )dan akan mengakibatkan busi sering mati , hal tersebut dikarenakan pembakaran yang ada di dalam ruang bakar tidak bekerja dengan semestinya atau tidak normal, alhasil sebuah pembakaran tidak bekerja dengan semestinya dan hasil pembakaran tidak beraturan, karena efek dari kotoran yang menempel di dalam karburator, setingan pada karburator pun akan berubah-ubah.
Perlu kita ingat kembali Lebih baik menjaga dengan cara rutin melakukan perawatan dan Perawatannya sangat diperlukan untuk menjaga agar karburator tetap dalam kondisi baik tetap normal saat kita pakai,

Kenapa kita harus selalu rutin melakukan perawatan terhadap karburator, karena karburator ini sering mengalami perubahan saat kendaraan sudah mencapai berkilo-kilo meter bekerja,

belum lagi karena posisinya berada di depan dan di bawah yang rawan terkena debu , yang bisa menyebabkan tersumbatnya saluran-saluran udara maupun ventilasi yang amat kecil lainnya belum lagi jika karburator Lama pemakainya dan jarang di bersihkan, saluran-saluran ini otomatis akan menggangu fungsi yang ada dalam karburator tersebut.

Hal tersebut dikarenakan udara yang mengalir pada saluran-saluran akan menyempit dan karburator tidak akan bekerja dengan baik,

Fungsi karburator sendiri adalah bekerja sebagai pemasok bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara yang siap untuk di bakar, karena bahan bakar (bensin) akan mudah terbakar jika sudah bercampur dengan udara atau oksigen yang sudah di tentukan perbandingannya, seperti 1gram bahan bakar bensin berbanding 15gram oksigen atau udara.

Perawatan karburator bisa dilakukan dengan mendatangi bengkel terdekat di daerah kamu, namun jika kamu ingin belajar sendiri saya sarankan harus ada yang mendampinginya paling tidak tau tentang bongkar pasang karburator,


Yang harus kita lakukan adalah dengan cara membuka karburator, jangan lupa setiap kendaraan motor memiliki bentuk dan fungsi luar yang berbeda beda,

Perawatan karburator dan fungsinya
Pixabay
Mungkin ini yang kamu cari:

Ada yang memakai kran juga ada otomatis vakum, setelah karburator sudah terlepas dari manifolnya baru di lepas semua baut yang ada di mangkok nya , lepaskan semua isi yang ada di dalam karburator,

  Seperti pelampung, spuyer kecil dan spuyer besar, lakukan penyemprotan angin dari kompresor atau dengan meniup-niupnya agar kotoran yang menempel di dinding spuyer bisa keluar , semprot juga bagian-bagian lubang yang ada di rumah spuyer besar dan kecil tersebut,

   Nah Setelah semuanya dilakukan pembersihan tutup kembali mangkok atau ruang penampung bensin, pasang kembali karburator ke tempatnya manifol , jangan lupa pakai lem gasket atau lem paking, agar tidak terjadi kebocoran yang mengakibatkan sulitnya saat penyetelan .

Namun perlu di ingat jangan pernah melakukan perubahan-perubahan ukuran lubang yang ada pada spuyer besar dan kecil tersebut, dikarenakan jika tidak mengetahui perbandingan antara Dua lubang spuyer tersebut nanti justru akan membuat karburator sulit untuk dilakukan penyetelan,

Kecuali jika kita ada yang membimbingnya dari orang yang sudah memahami atau yang lebih mahir di bagian ini, seperti bengkel atau seorang mekanik,

Perawatan karburator dan fungsinya
Pixabay




Perlu diingat sebuah karburator sepeda motor ini berfungsi untuk mengatur seberapa jumlah campuran bahan bakar (bensin) dengan oksigen ( udara ) sebelum masuk dalam silinder mesin tersebut sehingga ini akan mampu menghasilkan sebuah pengabutan yang siap untuk di bakar di ruang kompresi tersebut, jadi ini harus dilakukan orang yang sudah profesional di bidangnya atau minta pendampingan jika ingin belajar sendiri,


Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi melalui tulisan πŸ“ yang mengenai perawatan karburator dan fungsinya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua 🀲


Aug 25, 2021

Honda GL 100 original dan racing klasik

Honda GL 100 original dan racing klasik 

Honda GL 100 original dan racing klasik


Honda GL 100 original dan racing klasik
tinggal sedikit lagi

Baca juga: 

Kemunculan Honda GL series yang sekarang ini sebagai motor idaman para pecintanya generasi muda yang dulunya motor GL 100 ini bermula dari berhentinya produksi Honda jenis CB Series dari pabrikannya , 

Dan kemudian lahirlah generasi baru Honda, yaitu Honda GL 100, yang mesin mengadopsi mesin saudara tuanya yaitu Honda CB. dan mengandalkan produk terbarunya yaitu Honda GL100 atau anak muda biasa bilang Honda (cepek)
Sedangkan model GL ini di pasarkan di Indonesia pada tahun 1979.

Dari semula Honda GL 100 memiliki Model awal menggunakan lampu kotak dan , lampu sein bulat, spion bulat dan rem cakram depan menggunakan seperti cakram yaitu mekanis yang masih menggunakan kabel kawat atau sentring.
namun perlu diketahui sebelum adanya generasi GL 100 ada generasi sebelumnya yaitu memiliki bentuk dan bodi hampir mirip seperti GL 100 yaitu CB K5 , CB yang berbentuk seperti GL 100ini adalah generasi terakhir dari saudara tuanya CB,
Pada awalnya GL 100 menggunakan pengapian manual yaitu sistem pengapian platina setelah mulai ramai di pasaran barulah GL 100 mengubah pengapiannya menjadi CDI.

peminat GL 100 di era modern ini begitu banyak, dan menjadikan motor GL 100 ini sebagai motor buruannya, ada yang memperbanyak koleksi motor klasiknya, ada yang di jadikan modifikasi seperti racing klasik dan saat ini Honda GL 100 yang memiliki nilai πŸ‘ tersendiri bagi para pecintanya, salah satunya dari sedulur kita ini.. yang merupakan salah satu pecinta motor klasik Honda GL 100 dan berusaha mempertahankan tampilan klasiknya , cat dan onderdil lainnya ,

Salah satu teman saya yang sudah mendapatkan buruannya yaitu Honda GL 100 dan sedikit demi sedikit tampilan klasiknya mulai terlihat dulur kita ini pertama mendapatkan sudah banyak yang tidak original dan pernah di pakai oleh anak racing, dengan kecintaannya Pada tampilan klasiknya lalu mencari satu demi satu komponen dari pasar loak untuk mendapatkan komponen-komponen yang hilang,


Honda GL 100 original dan racing klasik

walaupun belum semuanya original seperti knalpot namun memang part original bawaan sekarang ini sangatlah tidak mudah untuk mendapatkannya, tetep semangat mas untuk mempertahankan tampilan klasiknya πŸ’ͺ🀝

Selain GL 100 sebagai motor idaman para pecintanya untuk di pertahankan tampilan klasiknya di sisi lain tidak sedikit yang memburu g GL 100 untuk di modifikasi racing akan tetapi tidak menghilangkan nuansa klasiknya,



Honda GL 100 original dan racing klasik

ini adalah GL 100 yang sudah di rubah atau sudah dimodifikasi baik mesin maupun bodinya namun tetap tidak menghilangkan tampilan klasiknyaπŸ‘
racing karena dari kapasitas mesin yang sudah di upgrade menjadi tenaga yang lebih besar namun terlihat klasiknya , kebanyakan dari mereka walaupun badan mesin terlihat kecil dan standar namun isi dari mesin tersebut sudah mengadopsi dari motor-motor lainnya ,,

Honda GL 100 original dan racing klasik
Honda GL 100 original dan racing klasik


baca juga:

home


Aug 20, 2021

Busi sering mati dan cara pengecekannya

  • Busi sering mati dan cara pengecekannya


busi sering mati



Busi
  pada motor berfungsi sebagai penyala api di ruang bakar yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar yang sudah di sempurnakan dan dalam penetapan,
 Busi juga bisa untuk kalian jadikan suatu cara untuk mengetahui dalam proses penyetelan karburator sudah menemui ketepatan atau belum.
ada ciri-ciri untuk kalian jadikan sebagai patokan saat melakukan penyetelan pada motor kesayangan kamu,

dari busi kamu bisa mengenali seperti apa proses pembakaran yang ada di ruang bakar atau silinder tersebut, dan ada tiga tanda warna itulah yang akan kalian jadikan patokan dalam proses penyetelan nantinya,

Ada tiga warna bekas yang dihasilkan oleh sisa pembakaran bahan bakar tersebut jika warna dan bila Kondisi di area ujung Elektroda sebagai berikut:

1.  Bersih, kekuning-kuningan atau coklat
itu menunjukkan pembakaran sudah sempurna atau dari segi pembakaran pas penyetelan,

2.  Buram, kusam keitam-hitaman seperti arang 
itu menunjukkan pembakaran terlalu boros atau tidak tepat dalam penyetelan, hal tersebut dikarenakan tidak semua bahan bakar terbakar habis di ruang bakar,

3.  Bersih, putih kering , ini menunjukkan proses pembakarannya terlalu miskin atau irit efek dari busi seperti ini mesin mudah panas dan jika perjalanan jauh juga berisiko ngejem (ceket) 


Biasannya dari pengalaman tersebut saya dapatkan hasil patokan dari tiga warna tadi . dan membaca dari hasil pembakaran dari busi, walaupun ini bukanlah satu-satunya untuk menyelesaikan masalah pada kendaraan , akan tetapi jika kita mau telaten mencari penyebab-penyebab yang ada di kendaraan bukan tidak mungkin permasalahan akan cepat teratasi, salah satunya cara yang sering digunakan yaitu pengecatan pada bagian busi tersebut, untuk mengetahui hasil pembakaran, aba setingan terlalu irit sedang atau boros,  

 Bagi saya busi merupakan komponen terakhir pada sistem kendaraan yang berfungsi untuk memercikkan bunga api dan bertugas membakar yang sudah melalui proses pemadatan di dalam silinder, pada saat akhir langkah kompresi yang sudah ditentukan,

itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan sebuah penyetelan saat melakukan servis sendiri, 
 selain itu kita juga harus pastikan kondisi busi yang kita pasang dalam keadaan normal tidak mengalami kerusakan atu setengah mati, agar kita bisa dapatkan hasil yang maksimal,

 selain itu penyebab lainnya seperti:

Adanya suatu kebocoran Sehingga berakibat tenaga mesin yang didapat pada mesin tersebut menjadi tidak stabil, dan imbas dari kebocoran pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran menjadi tidak bisa maksimal dan sempurna. Efeknya adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam pekat.

busi berfungsi sebagai penyalur dari listrik bisa dari aki jika motor memakai sistem DC dan spul jika sistem AC, lalu menuju komponen yang bertegangan tinggi yaitu igntion coil dan melalui elektroda yang ada di dalam busi tersebut,

baca juga : sistem pengapian 

Dari sini kita belajar bagaimana mengenali kondisi busi dan beberapa penyebab busi mengalami masalah seperti diatas tadi, 
maka dari itulah perlunya kita merawat busi seperti membersihkan ujungnya dari kotoran sisa pembakaran tersebut.

Sementara ini yang bisa saya bagikan informasi tentang penyebab Busi sering mati dan cara pengecekannya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, 

Aug 17, 2021

ciri ciri kiprok lemah atau rusak

ciri ciri kiprok lemah atau rusak
baca juga:




Pengisian regulator atau kiprok pada motor
Regulator (kiprok) berfungsi sebagai alat untuk merubah arus listrik dari alternatr yang tadinya arusnya bolak-balik menjadi arus searah,


Dari regulator inilah arus listrik untuk di gunakan sebagai penyuplai ke baterai (aki ) lalu ke beberapa elemen lainnya seperti ke sein klakson hingga ke pengapian bagi yang menggunakan sistem cdi DC,

  • Baca juga:

Belajar gulung ulang sendiri spul Supra 125

Warna kabel body sepeda motor

Megapro pakai CDI grand


Untuk motor jenis DC seperti GL neotegh , Megapro, dan lainnya yang memakai pengapian dari pengisian ,

Namun jika kita nyalakan dalam posisi bersamaan, dengan komponen lainnya seperti lampu utama ,sein dan klakson, alhasil mesin sulit untuk di hidupkan, ini dikarenakan tegangan yang di butuhkan oleh CDI untuk pengapian tersebut menjadi kurang dan tidak stabil,

Biasanya jika kiprok motor mulai melemah mesin masih bisa dihidupkan menggunakan kick starter. atau engkol, hal tersebut Dikarenakan kebutuhan kelistrikan untuk pengapian masih bisa disuplai oleh sisa tegangan dari sisa πŸ”‹ dan sedikit tegangan dari kiprok tersebut.

Ciri-ciri kiprok mulai lemah atau rusak untuk yang menggunakan pengapian DC seperti di atas tadi yaitu, jika motor mengalami kiprok lemah atau mati ini biasanya, saat motor di hidupkan namun saat sudah berjalan terasa berat, hal yang mencolok adalah, jika kita yang masih awam , cara melihatnya sebagai berikut.ketika motor dalam kondisi berjalan lalu lampu utama kamu nyalakan motor akan mengalami tersendat tiba-tiba atau seperti mau mati,

Dan bila hal ini dibiarkan atau tidak segera di lakukan perbaikan atau tidak segera di bawa ke bengkel untuk pengecekan resikonya adalah kamu akan mengalami mogok secara tiba-tiba dan akan mengalami mogok total Jika kiprok tersebut benar-benar mengalami mati,


hal ini disebabkan tidak adanya komponen yang menyuplai kelistrikan yang dibutuhkan pada pengapian motor tersebut. Akibatnya, saat tegangan pada aki benar-benar mati total atau ngedrop, motor akan benar-benar mogok total, dan tidak bisa dihidupkan sama sekali walau menggunakan kick starter, ini yang lebih parah untuk motor pengapian
jenis DC.

  Sedangkan untuk kendaraan motor jenis AC efek dari kiprok yang mengalami kerusakan tidak menggangu dari kinerja sistem pengapian. hal tersebut di karenakan motor jenis pengapian AC ini mempunyai sumber arus listrik sendiri. untuk penyuplai pengapian dan sumber listrik untuk lainnya penyuplai dari baterai
(aki)

  Namun bila kiprok lemah dan mengalami kerusakan ini biasanya akan berimbas pada lampu utama, yaitu efek nya lampu akan mudah putus , jika kiprok tersebut mulai lemah tidak akan mengganggu dari sistem pengapian tersebut. motor akan tetap bisa di hidupkan cuma ya itu tadi , lampu utama akan mudah putus saat di gas pada rpm tinggi,

Saya sarankan jika mengalami hal-hal seperti di atas sebaiknya segera lakukan pengecekan. jika tidak mengerti atau masih ragu sebaiknya bisa di bawa ke bengkel terdekat kamu. untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,
  Selain itu masalah lainnya bila kiprok motor cenderung lemah atau sampai mati regulator juga bisa mengalami over charging atau arus tidak beraturan .over charge adalah Kondisi dimana kiprok tidak mampu mengatur besarnya arus listrik dari sumbernya spul atau altenator. Sehingga saat RPM tinggi, akan mengalami arus yang over atau berlebihan.

ciri ciri kiprok lemah atau rusak


Beberapa gejala salah satunya :

Lampu akan langsung putus. karena bolam lampu memiliki spesifikasi tegangan tersendiri. Umumnya, bolam lampu bekerja pada tegangan maksimal 15 Volt. Saat terdapat aliran lebih dari 15 Volt, otomatis lampu tidak mampu menahan dan akan langsung terputus.
sebaiknya segera lakukan pengecekan dan Ini sering terjadi ketika motor sedang kita gunakan, secara tiba-tiba tanpa sebab motor mengalami mati mendadak disertai tanda lainnya dari kelistrikan seperti lampu dan speedometer yang tidak normal atau berkedip kadang terang kadang juga redup . Jika kondisinya demikian, maka mesin akan mengalam mati mendadak,


itulah beberapa ciri-ciri jika kiprok atau regulator mengalam kerusakan..

sementara ini yang bisa kita pelajari dan saya bagikan semoga bisa bermanfaat dan membantu kita dalam belajar secara mandiri


Aug 16, 2021

lirik lagu 17agustus chord gitar

  • lirik lagu 17agustus chord  gitar

Berkut adalah Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Hari Kemerdeka 
(Cipt H Mutahar)


Intro) C-G-C-F-C-G-C C


C          G               C
Tujuh belas Agustus tahun empat lima
C            G                        C
Itulah hari kemerdekaan kita
F                          C
Hari merdeka nusa dan bangsa
Am                        G
Hari lahirnya bangsa Indonesia
G F D
Merdeka


C                G                             C
Sekali merdeka tetap merdeka
C                        G                     C
Selama hayat masih di kandung badan
C         G    C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C      G     F         G
Mempertahankan Indonesia
C       G      C         F
Kita tetap setia tetap sedia
C           G        C
Membela negara kita


Musik ;C-G-C-F-C-G-C C

C              G           C
Tujuh belas Agustus tahun empat lima
C           G             C
Itulah hari kemerdekaan kita
F            C
Hari merdeka nusa dan bangsa
Am                  G
Hari lahirnya bangsa Indonesia
G   F   D
Merdeka
C                 G                C
Sekali merdeka tetap merdeka
C                      G                 C
Selama hayat masih di kandung badan
C          G        C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C         G        F      G
Mempertahankan Indonesia
C       G      C       F
Kita tetap setia tetap sedia
C        G      C
Membela negara kita